Sentimen
Netral (44%)
7 Apr 2023 : 09.34
Informasi Tambahan

BUMN: PT KCI

Tokoh Terkait
Septian Hario Seto

Septian Hario Seto

Rencana KCI Impor Kereta Bekas Jepang Pupus Gegara KRL Dinilai 'Belum Penuh'

7 Apr 2023 : 09.34 Views 1

Detik.com Detik.com Jenis Media: Ekonomi

Rencana KCI Impor Kereta Bekas Jepang Pupus Gegara KRL Dinilai 'Belum Penuh'

Jakarta -

Impor kereta rel listrik (KRL) bekas dari Jepang tidak direkomendasikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Sebelumnya, PT KCI meminta izin impor kereta bekas untuk menggantikan beberapa armada keretanya yang bakal 'pensiun' dalam waktu dekat.

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto mengungkapkan ada beberapa poin temuan BPKP yang membuat impor KRL bekas tidak direkomendasikan.

"Sesuai hasil riviu, saat ini tidak direkomendasikan untuk impor KRL. Dari hasil riviu sih sudah cukup jelas hasilnya dan kita akan mengacu kepada hasil riviu ini," ungkap Seto dalam konferensi pers di kantornya, bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2023).

-

-

Salah satu yang disorot adalah sarana KRL yang dinilai masih mencukupi untuk kebutuhan penumpang. Bahkan, tingkat keterisian KRL disebut belum mencapai 100%.

"Overload memang terjadi pada jam peak hours, namun secara keseluruhan untuk okupansi itu di 2023 masih cuma 62,75%. Sementara di 2024 diperkirakan masih 79% dan 2025 itu masih di 83%, ini data saya dapat dari BPKP," ungkap Seto.

Seto menyatakan pihaknya sudah melakukan rapat terkoordinasi dengan eselon I di beberapa kementerian. Hasilnya, dia meminta PT KCI selaku pihak yang akan mengimpor kereta KRL bekas Jepang untuk melakukan retrofit atau perbaikan pada kereta-kereta yang akan pensiun.

Selain itu, KCI juga diminta untuk mengoptimalkan operasional dengan sarana yang sudah ada saat ini. Dia juga meminta KCI segera melakukan pemesanan retrofit untuk mempercepat ketersediaan armada kereta.

"Kita sudah rapat eselon I, kami meminta PT KCI melakukan riviu operasi mereka yang ada dan optimalkan sarana yang ada, kita juga minta untuk bisa dilakukan retrofit atas sarana yang saat ini ada dan atau pensiun. Permasalahan retrofit kita minta bisa dipesan dan dilakukan lebih awal," ungkap Seto.

Lantas apa saja poin-poin yang disorot BPKP hingga tidak merekomendasikan impor KRL bekas? Buka halaman selanjutnya.

Sentimen: netral (44.4%)