Dirongrong Pemerintah AS, Tiktok Justru Jadi Favorit Acara Olahraga Paman Sam Beriklan
Liputan6.com Jenis Media: Ekonomi
Liputan6.com, Jakarta Tiktok telah menjadi lapak bagi iklan perusahaan bahkan bagi siaran acara olahraga, ini menjadi sebuah langganan. Platfom ini tetap jadi primadona iklan di tengah rongrongan Pemerintah Amerika Serikat (AS) perihal keberadaannya.
Diketahui, Platform media sosial telah berada di bawah pengawasan pemerintah AS dan menghadapi larangan. Anggota parlemen DPR memarahi CEO TikTok Shou Zi Chew dalam sebuah sidang di Capitol Hill pekan lalu.
Namun, pendapatan iklan di platform ini tetap diminati dengan jumlah miliaran dolar karena perusahaan besar ingin menjangkau audiens yang lebih muda.
Keuntungan lainnya beriklan dari platform ini, membantu pengiklan memotong biaya iklan TV yang lebih mahal terutama terkait acara olahraga yang banyak ditonton di luar negeri, seperti Super Bowl NFL dan turnamen bola basket March Madness NCAA.
Selama Super Bowl tahun ini, State Farm memilih keluar dari iklan TV selama pertandingan besar, sebagai gantinya menggunakan kampanye iklan yang berfokus pada TikTok dan media sosial.
Seperti produsen otomatif Hyundai memprioritaskan TikTok tahun ini karena banyak pembuat mobil melewati iklan TV selama Super Bowl untuk menghemat uang atau membelanjakan iklan di tempat lain.
Terlepas dari harga yang tinggi dan permintaan yang tinggi untuk iklan TV selama acara langsung besar, pasar iklan secara keseluruhan telah melambat dalam beberapa bulan terakhir karena ketidakpastian ekonomi, membebani perusahaan media tradisional seperti Paramount Global dan Warner Bros. Discovery.
Sentimen: positif (86.5%)