Sentimen
Netral (88%)
25 Mar 2023 : 05.52
Informasi Tambahan

Event: vaksinasi

Kasus: covid-19

Belanja Pariwisata Naik 30 Persen Dibanding Sebelum Pandemi

25 Mar 2023 : 12.52 Views 1

CNNindonesia.com CNNindonesia.com Jenis Media: Ekonomi

Belanja Pariwisata Naik 30 Persen Dibanding Sebelum Pandemi
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Mandiri Institute Teguh Yudo Wicaksono menyatakan  belanja masyarakat di sektor pariwisata meningkat 30 persen pada awal Juli 2022 jika dibandingkan periode sebelum pandemi.

"Tingkat belanja masyarakat berdasarkan Mandiri Spending Index (MSI) di awal Juli 2022 berada di level 130,2 artinya kenaikan 30 persen lebih tinggi dibanding periode pra-pandemi," ujarnya melalui pernyataan resmi, Senin (18/7).

Menurutnya, pertumbuhan itu didorong oleh tingkat vaksinasi yang tinggi, pelonggaran mobilitas, dan pengendalian kasus covid-19 yang relatif baik. Saat ini tingkat mobilitas masyarakat, terutama kunjungan ke daerah-daerah pariwisata terus meningkat.

-

-

Secara spasial, tingkat belanja masyarakat di wilayah Bali dan Nusa Tenggara yang merupakan daerah utama pariwisata, terus meningkat, terutama sejak kasus omicron mereda. Per awal Juli 2022, MSI di Bali dan Nusa Tenggara mencapai 87,7, tertinggi sepanjang pandemi.

"Berangsur pulihnya sektor pariwisata juga tercermin dari meningkatnya belanja-belanja yang terkait dengan mobilitas, hotel, restoran dan kafe, dan hiburan," imbuh Teguh.

Ia menyebut pada daerah-daerah utama wisata tingkat kunjungan yang lebih tinggi mendorong belanja terkait travel, tiket pesawat, hotel, dan restoran dibanding daerah lain. Belanja terkait hotel di daerah wisata saat ini tumbuh 34 persen jika dibandingkan dengan sebelum Ramadan lalu.

Angka tersebut juga lebih tinggi dibandingkan dengan belanja terkait hotel di daerah lain yang hanya mencapai 24 persen.

[-]

Hal serupa juga terjadi pada belanja terkait restoran. Belanja tersebut tumbuh 25 persen yang juga lebih tinggi dibanding daerah lain, 19 persen. Belanja-belanja lain yang juga meningkat cukup tinggi adalah yang terkait gaya hidup seperti entertainment, fesyen, dan perhiasan.

"Seiring momentum mulai pulihnya sektor pariwisata, perlu upaya terus-menerus untuk memperkuat potensi sektor lain di daerah-daerah utama pariwisata," kata Teguh.

Ia mengingatkan penguatan potensi rumah tangga dan para pelaku-pelaku usaha di daerah-daerah utama pariwisata, terutama di segmen mikro dan usaha kecil, perlu menjadi agenda penting oleh semua pemangku kepentingan di masa yang akan datang.

(mrh/agt)

Sentimen: netral (88.8%)