Sentimen
Netral (44%)
22 Mar 2023 : 01.25
Informasi Tambahan

Brand/Merek: Apple

Tokoh Terkait
Phil Spencer

Phil Spencer

Cara Microsoft Kalahkan Apple-Google, Tak Cuma ChatGPT

22 Mar 2023 : 01.25 Views 1

CNBCindonesia.com CNBCindonesia.com Jenis Media: Tekno

Cara Microsoft Kalahkan Apple-Google, Tak Cuma ChatGPT

Jakarta, CNBC Indonesia - Mirosoft agaknya makin ambisius mengalahkan Google dan Apple. Setelah meluncurkan layanan ChatGPT di mesin pencari Bing, kini Microsoft punya strategi baru.

Raksasa teknologi yang didirikan Bill Gates tersebut sedang menyiapkan toko aplikasi khusus game. Toko aplikasi ini akan tersedia di HP Android dan iPhone.

Namun, strategi ini bisa dijalankan jika Microsoft telah merampungkan akuisisi senilai US$ 75 miliar ke Activision Blizzard. Perusahaan game tersebut membawahi banyak studio game kawakan di balik 'Call of Duty' dan 'Candy Crush'.

-

-

"Kami mau nantinya bisa menawarkan Xbox dan konten game kami melalui mitra pihak ketiga. Pengguna bisa main game di semua perangkat tanpa ada batasan," kata Chief Executive Microsoft Gaming, Phil Spencer, dikutip dari ArsTechnica, Selasa (21/3/2023).

Namun, belum jelas kapan inisiasi ini bakal diluncurkan. Selain proses akuisisi yang belum rampung, ada hal lain yang masih harus diselesaikan.

Hal ini tak lain aturan Uni Eropa yang bakal memaksa Apple dan Google untuk berhenti memonopoli pasar aplikasi. Apple diminta untuk lebih membuka diri bagi aplikasi pihak ketiga.

Selama ini, Apple dituduh menutup diri. Banyak pengembang aplikasi yang gagal masuk toko Apple karena tak memakai tool khusus dari raksasa Cupertino tersebut.

Microsoft pun sudah beberapa kali mengatakan Apple tak mendukung ekosistemnya di App Store. Alhasil, pengguna iPhone yang ingin memainkan game Xbox, harus mengakses lewat web browser.

Hal ini dibantah Apple. Menurutnya, tak ada niat untuk memblokir. Namun, pembatasan dilakukan sesuai kebijakan keamanan pengguna.


[-]

-

Muncul China di Tengah Perang Google vs Microsoft, Ada Apa?
(fab/fab)

Sentimen: netral (44.4%)