5 E-commerce Terpopuler Indonesia Versi Statista
Detik.com Jenis Media: Tekno
E-commerce sudah menjadi tempat umum untuk orang Indonesia berbelanja. Mau tahu siapa yang paling populer?
Tentunya ada banyak pilihan e-commerce untuk orang Indonesia. Dari tempat belanja fesyen, makanan, gadget sampai hobi dan mainan, semua mencari di e-commerce.
Dilansir dari GoodStats, Statista pernah memaparkan data e-commerce terpopuler berdasarkan jumlah klik paling banyak. Hasilnya, Tokopedia menjadi e-commerce terpopuler pertama diikuti oleh Shopee, Lazada, Bukalapak dan Blibli.
Data ini dihimpun Kuartal II 2022 dengan perolehan klik bulanan sebagai berikut:
1. Tokopedia 158,35 juta
2. Shoope 131,3 juta
3. Lazada 26,64 juta
4. Bukalapak 21,3 juta
5. Blibli 19,74 juta
Inilah bukti bahwa e-commerce semakin diminati oleh masyarakat. Tren penetrasi ini diprediksi tidak akan melambat.
Menurut Statista, tren e-commerce di Indonesia diprediksi tidak akan berhenti dalam waktu dekat karena tingginya angka konsumen. Berdasarkan data.ai, warga Indonesia telah menghabiskan setidaknya 6,6 miliar jam untuk belanja online selama setahun terakhir.
E-commerce juga diproyeksikan bakal menjadi penopang ekonomi Indonesia pada tahun 2023, seperti tahun-tahun sebelumnya. Ketua Dewan Pembina Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA), Rudiantara pernah menyebutkan, ini sehubungan dengan besarnya dominasi sektor tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi digital nasional.
"Lebih dari setengah ekonomi digital kita ini berasal dari e-commerce, sebetulnya. Bahkan tahun ini diperkirakan e-commerce bisa mencapai Rp 600 - 700 triliun," ungkapnya beberapa waktu silam.
Adapun, data tersebut didapatkan berdasarkan proyeksi transaksi e-commerce oleh Bank Indonesia (BI) pada November 2022 silam. Diperkirakan, transaksi e-commerce pada tahun 2023 bisa mencapai Rp 572 triliun.
Simak Video "Pria Juga Boleh Pakai Skincare Loh"
[-]
(fay/fyk)
Sentimen: netral (80%)