Sentimen
Positif (64%)
27 Jan 2023 : 13.43
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Jabodetabek, Manggarai

Stasiun Manggarai Penuh Sesak, Kemenhub Ungkap Penyebabnya

27 Jan 2023 : 20.43 Views 1

Detik.com Detik.com Jenis Media: Ekonomi

Stasiun Manggarai Penuh Sesak, Kemenhub Ungkap Penyebabnya
Jakarta -

Kementerian Perhubungan buka suara soal kejadian kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai selama beberapa hari ke belakang. Khususnya, pada hari Rabu 25 Januari 2023 kemarin, saat itu antrean panjang dan penuh sesak penumpang terjadi di Stasiun Manggarai.

Menurut Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai terjadi karena kondisi eskalator dan lift yang tidak dapat difungsikan secara optimal beberapa hari ke belakang. Kemenhub pun meminta maaf atas kejadian tidak mengenakkan ini.

"Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan terkait kondisi eskalator dan lift di Stasiun Manggarai," ungkap Adita kepada detikcom, Jumat (27/1/2023).

-

-

Adita memastikan saat ini eskalator dan elevator di Stasiun Manggarai yang melayani penumpang KRL Jabodetabek dapat difungsikan secara optimal. Adapun pekerjaan perawatan eskalator dan elevator untuk penumpang KRL Jabodetabek yang dilakukan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta telah tuntas sejak Rabu 25 Januari kemarin.

"Pekerjaan perawatan eskalator dan lift tersebut merupakan bagian dari peningkatan fasilitas penunjang stasiun dan dilakukan dengan mengganti komponen mesin yang perlu diperbaiki," ungkap Adita.

Adita mengklaim seluruh rangkaian pekerjaan perawatan eskalator dan elevator dilakukan pada saat malam hari secara bertahap untuk menghindari kepadatan serta penumpukan penumpang.

Saat ini tersisa satu unit eskalator di pintu barat Stasiun Manggarai atau di bagian Stasiun KA Bandara yang masih dilakukan perawatan, dan tidak akan berdampak signifikan kepada perjalanan penumpang KRL Jabodetabek.

"DJKA akan terus berkoordinasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia selaku operator untuk melakukan pemantauan, perawatan, serta rekayasa alur penumpang jika dibutuhkan. Masukan dan saran yang diterima dari masyarakat akan dijadikan acuan untuk perbaikan dan peningkatan layanan di setiap stasiun," ungkap Adita.

(hal/eds)

Sentimen: positif (64%)