Sentimen
Informasi Tambahan
Kab/Kota: Yogyakarta, Gambir
Tokoh Terkait
1.613 Pelanggan KAI Sudah Coba Kereta Panoramic
Liputan6.com Jenis Media: Ekonomi
Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat sudah ada 1.613 pelanggan yang menjajal bepergian menggunakan Kereta Panoramic. Angka ini didapat sejak 12 hari lalu diluncurkan pada 24 Desember 2022 lalu.
Bahkan tingkat keterisian kursi di kereta dengan kaca tembus pandang super lebar ini mencapai 85 persen per harinya. Artinya ada ketertarikan dari masyarakat.
VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pada masa soft launching ini, Kereta Panoramic dirangkaikan dengan KA Taksaka Tambahan relasi Gambir - Yogyakarta pp. KAI melihat, antusiasme masyarakat yang tinggi dikarenakan jenis kereta ini merupakan yang pertama kali ada di Indonesia.
“KAI menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan yang telah memanfaatkan Kereta Panoramic sebagai pilihan dalam bertransportasi. Melihat pemandangan alam yang indah melalui jendela kereta panoramic yang sangat besar, menjadi salah satu nilai tambah bepergian menggunakan kereta panoramic ini,” kata Joni dalam keterangannya, Kamis (5/1/2023).
Pada beberapa hari pertama pengoperasian Kereta Panoramic, okupansinya berada di sekitar 70 persen. Kemudian sejak 28 Desember, okupansinya meningkat menjadi rata-rata di 95 persen per hari.
Volume tertinggi pengguna Kereta Panoramic terjadi pada 29 Desember 2022. Pada tanggal tersebut, KAI melayani total 161 pelanggan kereta panoramic pada 4 perjalanan kereta api dengan rata-rata okupansi sebesar 100 persen. Mengutip KAI Access, harga tiket Kereta Panoramic dibanderol Rp 465.000 sekali jalan.
"Kereta Panoramic merupakan kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama di sepanjang perjalanan. Pelanggan tidak perlu ragu untuk naik Kereta Panoramic karena kaca Kereta Panoramic didesain khusus untuk tahan pecahan dan panas," papar Joni. Aman Bagi Penumpang
Sentimen: negatif (99.8%)