Sentimen
Positif (99%)
18 Des 2022 : 09.30
Informasi Tambahan

BUMN: PT Angkasa Pura II

Event: Ibadah Umroh

Kab/Kota: bandung, Purbalingga, Banyuwangi, Senen, Kalideres, Pontianak, Banda Aceh, Palembang, Pekanbaru, Pangkal Pinang, Palangkaraya

2,5 Juta Orang Pergi Naik Pesawat saat Libur Natal dan Tahun Baru 2023 : Okezone Economy

Okezone.com Okezone.com Jenis Media: Ekonomi

18 Des 2022 : 09.30
2,5 Juta Orang Pergi Naik Pesawat saat Libur Natal dan Tahun Baru 2023 : Okezone Economy

JAKARTA - PT Angkasa Pura II mempersiapkan 20 bandara untuk menyambut libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Pergerakan penumpang di 20 bandara saat angkutan Nataru pada 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023 (H-6 Natal dan H+2 Tahun Baru) diprediksi mencapai 2,54 juta orang atau naik 26,36% dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebanyak 2,01 juta penumpang.

Sementara itu, pergerakan pesawat diprediksi mencapai 20.349 penerbangan, meningkat 6,56% dari sebelumnya sebanyak 19.096 penerbangan.

“Sesuai instruksi Menteri Perhubungan, AP II memastikan kesiapan 20 bandara dan kami semua berharap penyelenggaraan angkutan Nataru berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan sehat," kata President Direktur AP II Muhammad Awaluddin,dikutip Minggu (18/12/2022).

Baca Juga: Jelang Nataru, Jumlah Penumpang Terminal Kalideres Diprediksi Alami Kenaikan saat H-4 Natal

Sebagai informasi, yang merupakan Bandara AP II yakni, Bandara Soekarno-Hatta di Banten, Halim Perdanakusuma di Jakarta, Kualanamu di Medan, Supadio di Pontianak, Minangkabau di Padang, Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Husein Sastranegara di Bandung, Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh, dan Raja Haji Fisabilillah di Tanjungpinang.

Lalu, Sultan Thaha di Jambi), Depati Amir di Pangkal Pinang, Silangit di Tapanuli Utara, Kertajati di Majalengka, Banyuwangi, Tjilik Riwut di Palangkaraya, Radin Inten II di Lampung, H.A.S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, Fatmawati Soekarno di Bengkulu, serta Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga.

Awaluddin mengungkapkan bahwa, koordinasi dan komunikasi seluruh pemangku kepentingan atau stakeholders di bandara AP Iberjalan baik dan intensif guna memastikan operasional, serta pelayanan terhadap penumpang pesawat dapat optimal di tengah peak season.

Baca Juga: Antrean Masyarakat Mulai Padat di Stasiun Senen: Waktunya Travelling

Sebagai upaya menjaga koordinasi para stakeholders, AP II mendirikan Posko Monitoring Natal dan Tahun Baru 2022/2023 di 20 bandara pada 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

“Posko juga untuk memonitor data penerbangan real time, agar AP II dapat selalu menjaga aspek keamanan, pelayanan dan kesehatan di tengah pandemi,” ujar dia.

Sementara itu, Director of Operation AP II Muhamad Wasid menyebut, Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi bandara tersibuk selama angkutan Nataru dengan jumlah penumpang diperkirakan mencapai 1,38 juta penumpang dengan jumlah 10.052 penerbangan.

“Persiapan di Bandara Soekarno-Hatta di antaranya program penyeimbangan kapasitas terminal, di mana dilakukan perpindahan operasional seluruh penerbangan internasional Lion Air Group dari Terminal 3 ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022 agar setiap terminal dapat optimal,” ujar Wasid.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Bandara Soekarno-Hatta juga membuka lounge umroh temporer di area GCC yang berlokasi dekat dengan Stasiun Kereta Bandara, guna mendukung Terminal 3 dalam mengakomodir peningkatan penumpang.

Lounge umrah dilengkapi VIP room, reguler room, serta berbagai fasilitas seperti musholla, kafe dan kantin, sehingga dapat digunakan biro perjalanan umrah sebagai lokasi meeting point atau ruang tunggu bagi jemaah umrah.

“Lounge umrah GCC dibuka 18 Desember 2022, agar peningkatan penumpang di Terminal 3 saat peak season akhir tahun dapat tertangani dengan baik,” kata dia.

Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta juga diperkuat dengan Airport Operation Control Center (AOCC) bagi stakeholder, untuk mengatur operasional bandara dan penerbangan. Kemudian, Airport Infrastructure Control Center (AICC) untuk memonitor fasilitas bandara, serta Land Transportation Control Center (LTCC) guna memantau transportasi darat.

Bandara Soekarno-Hatta juga turut menghadirkan Thematic Decoration dan Thematic Event. Di samping itu, AP II juga telah menata desain interior Terminal 3 dengan konsep Pintu Gerbang Indonesia di area departure gate domestic dan check in area domestic

Lebih lanjut, infrastruktur di 20 bandara tersebut dipastikan siap melayani penumpang pesawat pada periode angkutan Nataru. Di sisi udara misalnya, dilakukan overlay (penebalan) runway di Bandara HAS Hanandjoeddin dan Bandara Tjilik Riwut.

Terkait personel, AP II mensiagakan 6.231 personel saat angkutan Nataru, terdiri dari personel operasional (Aviation Security, Airport Rescue & Fire Fighting, Airport Movement Control, BKO TNI/Polri), personel pelayanan seperti customer service, terminal inspection service, digital service, serta teknik.

Sentimen: positif (99.9%)