Sentimen
Informasi Tambahan
Institusi: Universitas Sriwijaya
Kasus: covid-19
Tokoh Terkait
Pengguna Aplikasi LAPOR! Didominasi Anak Muda
Liputan6.com Jenis Media: Ekonomi
Liputan6.com, Jakarta - Pengaduan pelayanan publik melalui aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) terus digaungkan kepada berbagai unsur masyarakat, termasuk mahasiswa. Selain untuk menjaring partisipasi, suara mahasiswa yang kritis juga diperlukan demi peningkatan kualitas pelayanan publik.
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa menyampaikan, saat ini pengguna aplikasi LAPOR! didominasi oleh generasi muda.
“Hal ini menunjukkan bahwa telah terdapat partisipasi aktif pemuda yang berperan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SP4N-LAPOR! dan peran mahasiswa yang kritis dalam menyampaikan pendapatnya perlu terus didorong agar kualitas pelayanan publik dapat terus ditingkatkan,” ujar Diah dalam keterangan tertulis, Minggu (11/12/2022).
Berdasarkan data nasional Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N)-LAPOR!, masyarakat yang paling banyak melakukan pengaduan berada dalam rentang usia 20-34 tahun sebanyak 42 persen. Sedangkan, pengguna berusia dibawah 20 tahun menempati terbanyak kedua dengan 25 persen.
Hal ini juga dikarenakan proses pengaduan yang simpel. Masyarakat dapat mengadu melalui berbagai kanal yang tersedia, mulai dari laman lapor.go.id, SMS 1708, melalui media sosial Twitter @lapor1708, hingga aplikasi mobile yang telah tersedia di Android dan iOS.
Diah yang juga Guru Besar Universitas Sriwijaya ini mengemukakan, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dirinya juga menyampaikan terdapat alasan mengapa partisipasi masyarakat melalui pengaduan menjadi penting dalam pelayanan publik.
Sentimen: positif (66.3%)