Sentimen
Positif (98%)
25 Nov 2022 : 09.33
Informasi Tambahan

Brand/Merek: Honda

Event: MotoGP

Marquez Ungkap Perbedaan Motor MotoGP Kini dan Dulu, Lebih Baik Mana?

Detik.com Detik.com Jenis Media: Otomotif

25 Nov 2022 : 09.33
Marquez Ungkap Perbedaan Motor MotoGP Kini dan Dulu, Lebih Baik Mana?
Jakarta -

Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez mengungkap perbedaan motor MotoGP dulu dan sekarang. Menurutnya, perbedaan yang paling kentara terletak di bagian teknologi atau perangkat elektronik.

Disitat detikOto dari Crash.net, meski masih terbilang muda, namun Marc Marquez telah merasakan motor MotoGP dari berbagai era. Menurutnya, jika dulu motor MotoGP serba manual dan benar-benar menuntut kepiawaian pebalap, kini semuanya serba elektronik.

"Ini sangat mudah untuk menjelaskan (perbedaannya). Dulu, motor MotoGP serba manual. Dulu, untuk melaju kencang, pebalap hanya perlu berpindah ke gigi empat, lima, lalu enam," ujar Marc Marquez, Rabu (23/11/2022).

-

-

Marc Marquez di musim 2016. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images

Kini, menurut dia, motor MotoGP menggunakan banyak teknologi yang rumit, misalnya penggunaan perangkat elektronik tambahan dan pemasangan winglet 'berlebih' yang menghiasi fairing dan ekor kendaraan.

Berkat sejumlah perangkat elektronik tersebut, kini torsi puncak motor sudah bisa dirasakan di gigi tiga. Bahkan, di sejumlah sirkuit, itu sudah bisa dicapai saat berada di gigi dua.

"Sekarang, dengan perangkat elektronik tambahan dan aerodinamika, torsi motor bisa dimaksimalkan di gigi ketiga. Hal itu bahkan bisa dilakukan dengan gigi kedua di beberapa lintasan tertentu," ungkapnya.

"Sebelumnya, kami harus bermain dengan posisi tubuh serta rem belakang untuk mengendalikan motor. Semua berjalan manual. Sekarang, motor terasa seperti Moto3 dan cukup melaju," tambahnya.

Motor Marc Marquez Pakai Winglet Stegosaurus. Foto: MotoGP.com

Menurut Marquez, sensasi mengendarai motor MotoGP saat ini kurang lebih mirip dengan motor yang digunakan di kejuaraan Moto3. Selain torsi puncak bisa diraih di gigi tengah, tunggangan juga terasa lebih 'nurut' saat dikendalikan.

"Kini, ketika balapan, rider hanya berdekatan ketika di putaran awal. Namun, setelah itu, saat ada satu pebalap yang lebih kencang, maka sulit sekali menyalipnya," kata Marquez.

Sayangnya, Marquez tidak mengungkap secara gamblang, motor mana dari keduanya yang lebih dia suka.

Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[-]
(sfn/din)

Sentimen: positif (98.3%)