Sentimen
Informasi Tambahan
BUMN: BTN, Bank Tabungan Negara
Tokoh Terkait
BTN Catat Realisasi KPR Lewat Kanal Digital Melonjak 66 Persen
Republika.co.id Jenis Media: Ekonomi
Kanal digital BTN Properti alami peningkatan jumlah developer yang bergabung
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk gencar menggenjot penyaluran kreditnya melalui berbagai kanal, salah satunya kanal digital dengan aplikasi BTN Properti. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat baik melalui aplikasi ponsel maupun website untuk memberikan kemudahan dalam mencari hunian idamannya.
Direktur IT & Digital BTN, Andi Nirwoto mengatakan, kanal BTN Properti mendapatkan apresiasi yang besar dari masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan peminat KPR online yang masuk dalam aplikasi BTN Properti semakin meningkat dan jumlah developer yang bergabung dalam BTN Properti pun terus bertambah.
Dalam catatan BTN, per Oktober 2022, sebanyak lebih dari 6.000 developer telah bergabung dengan BTN Properti for Developer. “Setelah BTN Properti for Developer hadir pada Februari 2022, developer mulai ramai-ramai bergabung dengan BTN Properti for Developer untuk merasakan kemudahan kemudahan di dalamnya,” ujarnya, Selasa (22/11/2022).
Menurut Andi, besarnya antusias masyarakat yang mengunjungi BTN Properti membuat para banyak developer mendaftarkan proyek perumahannya kanal digital andalan perseroan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan akuisisi developer 2022 yang melonjak lebih dari 360 persen.
Andi mengungkapkan, untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat, sejumlah fitur-fitur sedang disiapkan untuk menambah kelengkapan BTN Properti, salah satunya mengintegrasikan BTN Properti dengan SiKasep, yaitu aplikasi milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan pengaplikasian e-materai, serta digital signature dalam pengajuan KPR aplikasi BTN Properti.
“Untuk pengembang, ke depan kami juga siapkan layanan kredit komersial secara online,” ungkapnya.
Andi menuturkan, peningkatan fitur BTN Properti akan terus ditingkatkan, di antaranya fitur Digital Verification yang terintegrasi dengan Dukcapil. Adanya fitur ini bisa melakukan verifikasi secara langsung terhadap para pengunjung dan calon debitur BTN.
“Dengan adanya fitur Digital Verification tersebut, calon debitur dapat melakukan verifikasi diri secara mandiri sebelum mengajukan kredit melalui BTN Properti, dengan tujuan percepatan durasi proses pengajuan pinjaman nasabah,” ucapnya.
Dalam fitur Digital Verification, lanjut Andi, juga terdapat fitur OCR yang mampu mengenali data text pada fisik E-KTP dan secara otomatis akan mengisikan data tersebut pada system, sehingga adanya Digital Verification BTN Properti dapat meningkatkan experience nasabah serta memberikan kemudahan nasabah dalam pengajuan kredit KPR secara online.
Menurutnya fitur lainnya yang menjadi andalan kanal digital perseroan yakni BTN Properti for Developer. Adapun fitur ini memiliki beberapa keunggulan, salah satunya developer dapat mengajukan KPR secara online yang dapat dengan mudah diakses kapanpun dan dimanapun.
“Selain itu, developer juga dapat melakukan monitoring status pengajuan kredit dengan mudah, apakah masih dalam draft, atau sudah in progress, bahkan sudah approved, booking ataupun reject,” ucapnya.
Andi menyebut platform BTN Properti for Developer telah dapat terintegrasi dengan beberapa mitra developer serta pihak ketiga lainnya.“Kami yakin melalui berbagai usaha BTN terkait peningkatan fitur/ layanan BTN Properti serta juga meluasnya kerja sama dengan berbagai pihak ketiga dan developer maka niscaya terdapat peningkatan jumlah KPR secara online, per Oktober ini jumlah realisasi kredit online melalui BTN Properti mengalami peningkatan lebih dari 66 persen,” ucapnya.
Tak hanya berhenti BTN Properti, perseroan juga berupaya melakukan pengembangan pada aplikasi BTN Smart Residence. Aplikasi yang dirilis 2021 silam ini, terus ditingkatkan fiturnya guna memanjakan dan memenuhi semua kebutuhan nasabah.
Aplikasi BTN Smart Residence mempermudah hubungan antara penghuni/ merchant/ tenant dan pengelola dalam proses pembayaran berbagai tagihan/ iuran, IPL, parkir, pertukaran informasi sampai dengan keluhan atau pengaduan.
“Kami saat ini mengupayakan integrasi BTN Smart Residence dengan sejumlah fitur misalnya layanan rumah tangga seperti daily cleaning, service AC, service mesin cuci dan lain sebagainya, juga integrasi dengan marketplace serta e-wallet,” ucapnya.
Sentimen: positif (100%)