Sentimen
Informasi Tambahan
Brand/Merek: Daihatsu
Kab/Kota: Karawang, Salatiga
Tokoh Terkait
Daihatsu RnD Corner di Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456 Diserbu Pengunjung
Tribunnews.com Jenis Media: Otomotif
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Daihatsu menyelenggarakan program layanan menarik pada acara Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456 yang berlangsung di Rest Area Salatiga, Jawa Tengah pada 17–20 November 2022.
Di acara ini, ada pula tim RnD (Research and Development) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menampilkan RnD Corner sebagai sarana informasi yang edukatif bagi pengunjung.
Area ini cukup menarik, dimana Daihatsu menceritakan proses pengembangan mobil mereka dari tahap awal hingga produksi, yang terbagi menjadi empat tahap besar, dimulai dari Planning, Styling, Engineering dan Testing.
Baca juga: Jalin Kerjasama, CATL Bakal Pasok Baterai Lithium-Ion ke EV Daihatsu
"Melalui kehadiran RnD Corner di Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456 ini, kami berharap para pengunjung memahami proses pengembangan kendaraan Daihatsu, serta memberikan kebanggaan bagi pelanggan terhadap mobil Daihatsu yang dimilikinya sesuai dengan visi RnD ADM, Dari Indonesia Untuk Indonesia," tutur Industrial Design Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Mark Widjaja.
Pada tahapan Planning, Daihatsu mengawalinya dengan melakukan survey pasar, kondisi lingkungan dan menentukan spesifikasi (jenis dan dimensi kendaraan) yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
Kemudian dilanjutkan pada proses Styling, berupa perwujudan dari hasil analisa pasar melalui pembuatan sketsa gambar, disusul proses clay modeling, dan membuat data visual 3 dimensi untuk menjembatani ke proses selanjutnya.
Baca juga: Penjualan Mobil Makin Bergairah, Pangsa Pasar Daihatsu Tembus 19,1 Persen pada Oktober 2022
Berikutnya, pada tahapan Engineering, desain mobil yang telah dibuat sebelumnya diwujudkan dengan memenuhi standar yang harus mengakomodir kualitas dan durabilitas yang terbaik pada setiap bagian, serta mewujudkannya dengan pembuatan prototype untuk diuji coba.
Lalu pada Testing, ini adalah fase di mana produk harus lulus dan tervalidasi performa, kekuatan, keamanan dan ketahanannya sesuai dengan kondisi di Indonesia.
Sebagai informasi, Daihatsu memiliki fasilitas RnD Center terlengkap dan terbesar di Indonesia, meliputi Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap yang memiliki 24 macam tipe jalan yang mewakili kondisi jalan di Indonesia seluas 25 Hektare (Ha), yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat.
Fasilitas RnD Center ini juga merupakan komitmen Daihatsu dalam meningkatkan industri otomotif Tanah Air sekaligus menyiapkan ADM sebagai production base dan product base Daihatsu di Indonesia, serta menjadi aset nasional yang membanggakan.
Pada kesempatan yang sama, acara ini juga mendapat kunjungan dari berbagai sekolah vokasi atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) pada Jumat, 18 November 2022.
Tercatat sebanyak 6 SMK dengan total sekitar 50 peserta yang berpartisipasi meliputi, SMK Negeri 1 Sawit, SMK Negeri 2 Salatiga, SMK Muhammadiyah Salatiga, SMK Adi Sumarmo Colomadu, SMK Negeri 5 Surakarta dan SMK Muhammadiyah 2 Jatinom.
Sentimen: positif (84.2%)