Sentimen
Positif (86%)
8 Nov 2022 : 23.14

Sehari Jualan Live Streaming, Influencer China Cuan Rp 45 T

9 Nov 2022 : 06.14 Views 1

CNBCindonesia.com CNBCindonesia.com Jenis Media: Tekno

Sehari Jualan Live Streaming, Influencer China Cuan Rp 45 T

Jakarta, CNBC Indonesia - Rekor jualan lewat live streaming pecah. Influencer China, Li Jiaqi, berhasil menjual produk senilai US$2,9 miliar atau Rp 45,4 triliun dalam sekali live streaming.

Kabar tersebut merupakan gambaran kesuksesan live streaming yang diadakan dalam rangka promosi jelang 11/11 di China. Selama pre-sale Tmall Double 11 tanggal 25 Oktober 2022 pada platform Taobao, dua influencer Li Jiaqi dan Luo Youngho menggelar live streaming yang masing-masing mengundang 10 juta penonton.

Lu Yonghao yang merupakan pengusaha dan selebritas internet melakukan live streaming selama setengah hari. Hanya dalam dua jam jumlah penontonnya mencapai 10 juta dan ia sukses menjual total produk US$28,8 juta (Rp 451,7 miliar).

-

-

Sementara itu, Li Jiaqi baru mulai siaran sore harinya dan lima juta penonton hadir pada 22 menit pertama. Pada menit ke-43, live streaming itu ditonton 10 juta dan diakhiri dengan 460 juta penonton.

Selama sembilan jam siaran, Li Jiaqi berhasil memasarkan 291 produk termasuk brand kecantikan seperti L'Oreal dan Estee Lauder, dikutip Dao Insight, Selasa (8/11/2022). Kabarnya, Li sukses menjual produk senilai US$2,9 miliar atau sekitar Rp 45,48 triliun.

Terkait kabar uang yang didapatkannya, staf studio Li Jiaqi membantahnya. "Data tersebut tidak benar dan tidak memiliki dasar yang relevan. Kami mengirimkan surat kuasa hukum pada media terkait," ucap mereka.

Sementara itu, data dari Double 11 Tmall menunjukkan selama pre-sale penjualannya melesat dibandingkan tahun 2021. Menurut angka Tmall, dari 130 live streaming menghasilkan hingga US$1,37 juta (Rp 21,4 miliar) dalam empat jam saja.

Platform itu juga mencatat pertumbuhan 684% tahun-ke-tahun dalam volume pre-sale yang dihasilkan dari host live streaming.

"Live streaming menjadi format storytelling menyampaikan informasi produk. Konsumen mulai terbiasa dengan produk tertentu melalui konsumsi konten," kata Presiden Pusat Pengembangan dan Operasi Industri Taobao dan Tmall, Chui Xue.


[-]

Sentimen: positif (86.5%)