Sentimen
Informasi Tambahan
Kab/Kota: Karawang
Warga Diminta Urus Sendiri, Begini Alur Pelayanan Dokumen Kependudukan di Kantor Dukcapil Karawang
Tribunnews.com Jenis Media: Metropolitan
WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG----- Warga Karawang, Jawa Barat diminta mengurus dokumen kependudukan sendiri atau tanpa melalui perantara.
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Karawang memastikan proses pengurusannya mudah dan cepat jika warga memperhatikan alur pelayanan dan mempersiapkan berkas dengan benar.
Pengawas Pelayanan Terintegrasi Kantor Pelayanan Disdukcatpil Karawang, Hasan Habsyi menjelaskan, bagi warga yang mengurus dokumen ke kantor dinas harus memperhatikan sejumlah alur pelayanan.
Pertama, pemohon terlebih dahulu datang ke meja informasi yang berada di depan kantor pelayanan.
"Di meja itu ada petugas yang memberikan formulir dan menjelaskan persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan sesuai dokumen yang hendak diurusnya," kata Hasan, kepada TribunBekasi.com, di lokasi pelayanan pada Senin (7/11/2022).
Baca juga: Kadis Dukcapil DKI Jakarta Terima Penghargaan Nawacita Award 2022 dari Menkumham
Hasan melanjutkan, setelah sudah dipastikan membawa formulir dan persyaratannya.
Lalu, bisa menuju ke depan kantor dengan mengambil nomor antrean.
Selepas itu, menunggu di area tunggu untuk dipanggil di bagian verifikasi berkas.
"Lalu, setelah diverifikasi berkasnya, nanti langsung dipersilahkan masuk ke dalam ruangan pelayanan dengan memasukkan berkas-berkas tadi untuk diproses sesuai kebutuhan pemohon," ungkapnya.
Setelah berkas dokumen diproses, kata Hasan, pemohon diarahkan ke ruang tunggu untuk pengambilan berkas yang sudah selesai di proses.
Dikatakannya, jika tidak ada kendala maka pemohon atau warga mendapatkan pelayanan one day service atau satu hari selesai.
"Tapi jika ada kendala, atau memang pemohonnya datang sudah keburu sore, tentu diproses dihari berikutnya untuk pengambilan dokumen yang sudah jadinya juga," katanya.
Baca juga: Dukcapil Jakpus Sebut Separuh Warga Sudah Urus Dokumen Buntut Perubahan Nama Jalan
Dia menambahkan, di lokasi layanan juga tersedia meja customer service, bagi warga yang mengalami kendala atau permasalahan.
Selain itu juga, pihaknya memberikan prioritas khusus bagi pemohon disabilitas dalam mengurus dokumen dengan langsung masuk ke ruang pelayanan, tanpa perlu mengambil nomor antrean.
Sentimen: positif (92.8%)