Sentimen
Informasi Tambahan
Brand/Merek: Toyota, Honda
Dihantam Xpander, Penjualan 'Wholesales' Toyota justru Naik
CNNindonesia.com Jenis Media: Otomotif
PT Toyota-Astra Motor berhasil meraih penjualan sebesar 27.665 unit pada Februari 2018, atau naik 8,9 persen dibandingkan bulan sebelumnya 25.405 unit.
Hasil tersebut melebihi penjualan wholesales otomotif secara nasional, pada Februari lalu mengalami penurunan cukup signifikan yaitu sekitar 9 persen, dari 95,865 pada Januari menjadi 86,546 unit.
"Munculnya produk-produk baru memberikan pilihan yang kian beragam untuk konsumen sekaligus membuat pasar makin kompetitif. Ini memberikan angin segar bagi perkembangan pasar otomotif nasional dan akan semakin mendorong pelaku industri otomotif nasional menawarkan yang terbaik kepada konsumen, termasuk Toyota," kata Henry melalui surat elektronik yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (13/3).
Sementara penjualan retail Toyota (dari dealer ke konsumen) malah sebaliknya. Data yang diperoleh CNNIndonesia.com, pada Februari tahun ini sebesar 27.774 unit, atau turun 2,5 persen dibandingkan bulan sebelumnya 28.495 unit.
"Penurunan suplai wholesales untuk Avanza dilakukan bagian dari strategi TAM menjaga keseimbangan suplai dan demand di antara masing-masing produk yang ada agar setiap pelanggan memperoleh total ownership benefit yang sama di semua segmen dan produk," jelas Henry.
Diberitakan sebelumnya, penjualan Toyota bulan lalu disumbang model terbaru dari Rush. Setelah muncul model barunya akhir tahun lalu, Rush menyelinap mengungguli para kompetitornya, Honda BR-V dan HR-V.
Ditambah dengan jumlah pada Februari 2018 sebanyak 3.575 unit, penjualan wholesales Rush kini mencapai 6.991 unit atau naik dua kali lipat sebesar 113 persen. (mik/mik)
Sentimen: positif (79.5%)