Sentimen
Positif (96%)
3 Nov 2022 : 10.00
Informasi Tambahan

BUMN: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Partai Terkait

Manfaatkan VR hingga IoT, KKP Bersama Telkom-ITDRI Luncurkan Metaverse BEN Campus

3 Nov 2022 : 17.00 Views 1

Liputan6.com Liputan6.com Jenis Media: Tekno

Manfaatkan VR hingga IoT, KKP Bersama Telkom-ITDRI Luncurkan Metaverse BEN Campus

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Telkom melalui Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) meluncurkan Blue Economy Network (BEN) Campus.

BEN Campus memungkinkan para talenta digital melakukan pembelajaran jarak jauh melalui metaverse dengan mengkolaborasikan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Dengan demikian, pemerataan pembelajaran dan orientasi kelestarian alam dapat terwujud melalui tiga inovasi yaitu VR, Internet of Things (IoT), dan virtual campus.

Blue Economy Network (BEN) merupakan suatu jaringan kolaborasi antara berbagai entitas Penta-Helix yaitu akademis, bisnis, komunitas, pemerintah, dan penyedia teknologi yang berkontribusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sosial tanpa harus merusak sumberdaya kelautan dan perikanan.

BEN Campus diharapkan mampu mempermudah para entitas berdasarkan tugas, fungsi, dan kewenangan untuk membangun Blue Economy Indonesia. 

SGM Telkom Corporate University & Chairman of ITDRI, Jemy V. Confido, berharap dengan diluncurkannya BEN Campus dapat mengakselerasi digitalisasi sumber daya manusia dari seluruh entitas perikanan dan kelautan untuk mewujudkan aktivasi jaringan kolaborasi Penta-Helix. 

"Dengan berbagai potensi besar yang dimiliki maritim dan bahari Indonesia, kehadiran BEN Campus ini menjadi wujud nyata komitmen Telkom-ITDRI dalam melakukan transformasi digital khususnya di sektor perikanan yang dimulai dengan pemanfaatan inovasi dan pembelajaran digital untuk para taruna," kata Jemy dalam peluncuran BEN Campus secara online, dikutip Kamis (3/11/2022).

BEN Campus diharapkan dapat membantu para pelajar penerus bangsa bidang kelautan dan perikanan siap untuk bekerja dan berkarya sesuai dengan kebutuhan industri.

 

Dunia maya dua dimensi tampak akan segera ditinggalkan, seiring dengan munculnya dunia meta atau metaverse yang sering disebut sebagai pergeseran digital berikutnya. Di metaverse, para penguna bisa bekerja, berbelanja, bermain game, atau bahkan nonto...

Sentimen: positif (96.6%)