Sentimen
Informasi Tambahan
BUMN: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk
Infomedia Pacu Transformasi Digital dengan Solusi Bisnis Berbasis AI
CNNindonesia.com Jenis Media: Ekonomi
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) semakin pesat dan kini menjadi tulang punggung transformasi digital di berbagai sektor. Di Indonesia, AI tidak hanya menjadi tren global yang diikuti, tetapi juga sedang mengubah cara perusahaan beroperasi, terutama dalam upaya meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
Infomedia, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, sebagai penyedia layanan Digital Business Process Outsourcing (BPO) berbasis teknologi, mengambil langkah signifikan dalam mengintegrasikan teknologi ini untuk menghadirkan solusi-solusi inovatif melalui pendekatan AI Automation dan Analytics (3A).
Direktur Utama Infomedia, Eddy Sofryano, menyampaikan bahwa pentingnya perusahaan menerapkan teknologi AI merupakan salah satu cara untuk tetap agile terhadap perubahan dan dinamika bisnis yang terjadi begitu cepat.
"Saya yakin penerapan teknologi AI dalam setiap unit/fungsi perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis jauh lebih tinggi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (18/10).
Salah satu aspek penting dari layanan yang ditawarkan oleh Infomedia adalah otomatisasi proses bisnis. Melalui AI Automation, banyak proses yang dulunya dilakukan secara manual kini dapat diotomatisasi.
Misalnya, Contact Center dan Omnichannel AI (OmniX AI) yang diterapkan dalam layanan pelanggan dapat mengelola chatbot berbasis AI.
Fitur ini menangani pertanyaan yang sering diajukan secara otomatis, memberikan rekomendasi tindakan kepada agen berdasarkan pola interaksi yang telah dianalisis dari data sebelumnya, sehingga mengurangi beban kerja agen layanan pelanggan, dan memberikan respon yang lebih cepat kepada pelanggan.
Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga menciptakan customer experience yang lebih optimal.
Selain itu, Infomedia juga memanfaatkan AI dalam analisis data. Dengan menggunakan algoritma machine learning, perusahaan dapat membantu perusahaan dalam menganalisis data pelanggan dan memberikan solusi berbasis data yang lebih efektif.
Misalnya, analisis sentimen yang diterapkan pada umpan balik pelanggan dapat memberi wawasan berharga tentang kepuasan pelanggan dan area yang perlu ditingkatkan. Dengan demikian, perusahaan tidak hanya bisa memahami kebutuhan pelanggan, tetapi juga merespons dengan lebih tepat dan cepat.
Pada operasional back-end process, Infomedia menerapkan teknologi ini dalam proses human resource untuk memenuhi journey pekerja from hire to retire. Secara langsung manfaat dari penerapan teknologi AI ini telah tercermin dalam beragam implementasi rekrutmen berskala besar di Indonesia.
Bahkan tidak hanya itu, transformasi digital melalui pemrosesan dokumen secara digital juga telah diterapkan dalam layanan Doc.AI untuk pengambilan data, klasifikasi, verifikasi, serta mendapatkan wawasan mendalam dari informasi yang ada.
Eddy menambahkan, melihat perkembangan yang ada, masa depan teknologi AI di Indonesia tampaknya sangat menjanjikan. Ia pun memberikan contoh implementasi Contact Center AI di salah satu pusat layananan pelanggan yang dikelola Infomedia berhasil meningkatkan efisiensi hingga 30%.
"Kita dapat berharap bahwa penerapan teknologi ini akan semakin luas dan mendalam. Infomedia bukan hanya memperkenalkan teknologi, tetapi juga membangun kolaborasi yang mendukung inovasi dan pertumbuhan di sektor digital," imbuh dia.
Sebagai informasi, dalam waktu dekat Infomedia akan menghadirkan sesi conference dengan tema INFINITE-Infomedia Insight in Technology Excellence di akhir Oktober 2024 mendatang.
Melalui acara ini, Infomedia menghadirkan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, institusi maupun asosiasi untuk memberikan insight tentang revolusi AI.
Ke depan, sangat penting untuk memastikan bahwa semua pihak dapat merasakan manfaat dari kemajuan teknologi AI yang akan membawa Indonesia menuju era baru dalam dunia bisnis.
Bagaimana teknologi AI dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan menjadi tujuan perusahaan disertai dengan komitmen untuk terus berinovasi.
(rir)Sentimen: positif (99.9%)