Bidik 100.000 Pengunjung, Inacraft 2024 Targetkan Raup Transaksi Rp 100 Miliar
Beritasatu.com Jenis Media: Ekonomi
Jakarta, Beritasatu.com - The Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft), pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara kembali hadir di Indonesia pada 2-6 Oktober 2024. Pada edisi kali ini, Inacraft menargetkan bisa mendatangkan 100.000 pengunjung, dengan potensi nilai transaksi mencapai Rp 100 miliar.
Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) Muchsin Ridjan menyampaikan, penyelenggaraan Inacraft kali ini mengusung tema "Youthpreneurs Make It At Market", sebagai bentuk komitmen dan perhatian ASEPHI pada generasi muda yang berkarya di dunia kerajinan dan seni budaya.
"Ini satu bukti, kalau diberikan kesempatan, anak muda itu bisa bangkit. Inacraft memberi kesempatan kepada kaum muda untuk bisa lebih maju lagi dalam berbisnis dan berusaha. Yang sudah maju, silakan maju terus," kata Muchsin, saat membuka Inacraft, di Jakarta, Rabu (2/10/2024).
Muchsin mengungkapkan, pada edisi Inacraft kali ini, diramalkan oleh 897 booth UMKM anak muda dari seluruh Indonesia, yang dibuka untuk umum dari pukul 10.00 WIB-22.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 25.000.
"Inacraft ini menargetkan 100.000 pengunjung, dengan target transaksi retail Rp 100 miliar dan untuk kontrak dagang kita harapkan mencapai Rp 5 miliar," ucapnya.
Ada pun tujuh zona area yang tersedia dalam pameran Inacraft ini. Pertama, area main lobby akan diisi oleh kategori youthpreneur dan kerajinan tangan. Kedua, area assembly hall diisi oleh kategori fashion berupa perhiasan dan aksesoris. Ketiga, cendrawasih hall diisi oleh kategori fashion dan lifestyle berupa tekstil.
Keempat, area hall A dan promenade akan diisi oleh kategori batik dari seluruh nusantara. Kelima, area plenary hall akan diisi oleh kategori miscellaneous craft, seperti gifts products, homeliving, serta decorative items.
Keenam, area hall B & mezzanine akan diisi oleh kategori talam atau beragam makanan dan minuman khas cita rasa Indonesia. Terakhir, kategori berbagi produk dari UMKM di bawah BUMN dan Kedinasan yang juga akan mengisi area hall B.
Sentimen: positif (99.9%)