Sentimen
Positif (94%)
27 Sep 2024 : 21.00
Informasi Tambahan

BUMN: Garuda Indonesia

Tokoh Terkait

Garuda Indonesia Masuk Jajaran Perusahaan Paling Terpercaya di Dunia

Detik.com Detik.com Jenis Media: Ekonomi

27 Sep 2024 : 21.00
Jakarta -

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia masuk dalam jajaran 1.000 Perusahaan Terbuka (Listed Company) bertajuk 'The World's Most Trustworthy Companies for 2024'. Daftar itu dirilis oleh Newsweek yaitu organisasi media global asal Amerika Serikat (AS).

Dalam pemeringkatan tersebut, Garuda Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang masuk dalam jajaran perusahaan terpercaya. Garuda Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-12 dari 47 perusahaan global yang masuk dalam kategori Transport, Logistics & Packaging.

"Capaian di tahun 2024 ini turut merepresentasikan peningkatan kepercayaan masyarakat dengan naik tiga peringkat dibandingkan pemeringkatan di tahun 2023 pada kategori yang sama yaitu peringkat ke-15," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangan tertulis, Jumat (27/9/2024).

Irfan mengatakan pemeringkatan tersebut merupakan apresiasi tersendiri bagi perusahaan atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat dalam mendukung perbaikan kinerja perusahaan terutama di fase pasca restrukturisasi dan pasca pandemi lalu.

"Penghargaan ini tentunya menjadi dorongan bagi Garuda Indonesia sebagai national flag carrier dalam upaya berkelanjutan perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan operasional yang menghadirkan rasa aman dan nyaman, dan secara berkelanjutan merawat kepercayaan seluruh stakeholders yang telah diberikan kepada perusahaan dalam kaitan mendukung kinerja sebagai entitas bisnis yang sehat dan profitable," tutur Irfan.

Pemeringkatan yang diberikan kepada 1.000 perusahaan dari 20 negara terpilih yang terbagi ke dalam 23 kategori pemeringkatan tersebut ditentukan berdasarkan 3 aspek penilaian yaitu Investor Trust dan Customer Trust dengan masing-masing bobot sebesar 40%, lalu Employee Trust sebesar 20% melalui survey kepada lebih dari 70.000 partisipan.

Aspek penilaian juga turut dilihat dari hasil survey Social Listening oleh Statista melalui analisis sentimen pemberitaan di portal berita maupun di platform media sosial masing-masing perusahaan dengan hasil akhir nilai keseluruhan dalam pemeringkatan tersebut dihitung berdasarkan akumulasi dari 80% nilai survey dan 20% nilai Social Listening.

"Capaian berskala internasional ini tentunya turut selaras dengan perjalanan 5 tahun transformasi BUMN untuk menjadikan BUMN sebagai perusahaan-perusahaan unggulan dan berdaya saing baik di nasional maupun internasional sehingga berangkat dari semangat tersebut, menjadi tanggung jawab kami untuk senantiasa menjaga komitmen dalam mengoptimalkan rangkaian inisiatif berkelanjutan dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan masyarakat khususnya pengguna jasa," imbuh Irfan.

(aid/kil)

Sentimen: positif (94.1%)