Sentimen
Informasi Tambahan
Brand/Merek: Toyota
Kab/Kota: Surabaya, Cibubur
Tokoh Terkait
Boy Kelana Soebroto
Astra Media Day 2024 Hari Kedua Jadi Forum Terbuka Antara Jurnalis dan Perwakilan Industri
Beritasatu.com Jenis Media: Ekonomi
Jakarta, Beritasatu.com - Astra menggelar kegiatan Astra Media Day 2024 selama dua hari pada 18 dan 19 September 2024. Agenda tahunan ini terbuka bagi wartawan cetak, elektronik, maupun televisi. Kegiatan pada hari kedua, Kamis (19/9/2024) merupakan sesi yang diberi tajuk “Workshop Wartawan Industri”, di mana kesempatan ini mempertemukan para jurnalis peserta dengan sejumlah perwakilan anak perusahaan Astra di bidang industri berbagai sektor.
“Astra Media Day merupakan forum komunikasi dua arah antara Astra dengan teman-teman jurnalis, yang sudah berlangsung selama 26 tahun terakhir. Kami akan terus melakukan forum ini, memfasilitasi teman-teman jurnalis dengan Grup Astra untuk bisa mendapatkan informasi terkini mengenai kinerja perusahaan Grup Astra,” ujar Head of Corporate Communication Astra Boy Kelana Soebroto pada Kamis (19/9/2024).
Terdapat perwakilan tujuh perusahaan Astra yang hadir dalam acara ini, yang menyampaikan sejumlah informasi mengenai pencapaian perusahaan pada tahun ini. Di antaranya adalah President Director Astra Property Nilawati Irjani, Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, dan CEO Astra Credit Companies (ACC) Henry Christian Wong.
Nilawati misalnya menjelaskan sejumlah capaian serta rangkaian portofolio Astra Property baik yang sudah selesai maupun dalam proses dibangun. Salah satunya proyek kawasan Altea Boulevard di Cibubur yang mendapat penilaian Platinum Greenship Neighbourhood dari Green Building Council Indonesia (GBCI).
Sementara, Anton Jimmi selaku perwakilan dari TAM mengungkap adanya penurunan penjualan kendaraan roda empat pada periode Januari hingga Agustus 2024 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Meski begitu, Toyota tercatat masih menguasai pangsa pasar kendaraan roda empat di tanah air.
“Tahun ini kita bisa mempertahankan posisi sebagai market leader atau pemimpin pasar dengan market share yang naik. Kalau kita perhatikan Januari-Agustus tahun lalu (2023) sebesar 31,7 persen tahun ini di atas 32 persen atau 32,8 persen,” kata Jimmi.
Dalam acara yang sama, Henry sebagai perwakilan ACC menjelaskan bagaimana pihaknya menyoroti pengaruh tren penjualan kendaraan dengan bisnis pembiayaan di Indonesia. Salah satu yang menjadi catatan adalah transaksi pembiayaan dari dua even besar yakni GIIAS 2024 di Jakarta dan Surabaya.
“Kami mencatat penjualan SPK sejumlah 4.697 unit sepanjang GIIAS 2024 di Jakarta dan Surabaya, dengan total pembiayaan sebesar Rp 1,7 triliun. Rasanya ini menjadi sinyal positif memasuki semester kedua (2024). Harapan kami (tren itu) juga bisa bertahan dan mendorong kinerja yang lebih baik,” ujar Henry.
Selain membuka kesempatan bagi para jurnalis untuk mendengar secara langsung paparan para narasumber, Astra Media Day 2024 juga mendorong dan menggugah kreativitas peserta. Hal tersebut diwujudkan melalui Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2024 yang digelar sejak 10 Juni hingga 10 November 2024 mendatang.
“Kesempatannya masih dibuka sampai dengan 10 November 2024 mendatang, di mana teman-teman jurnalis bisa menceritakan hal-hal terkait kontribusi sosial Astra di tanah air,” kata Boy.
Kontribusi sosial Astra sendiri dibagi dalam tiga program besar yakni SATU Indonesia Awards, Kampung Berseri Astra, dan Desa Sejahtera Astra. Awak jurnalis yang hadir didorong untuk menyoroti karya berkelanjutan dari sosok maupun tokoh penggerak di berbagai wilayah Indonesia yang mendapat dukungan penuh dari Astra.
Sentimen: positif (66.7%)