Sentimen
Informasi Tambahan
Brand/Merek: Toyota
Tokoh Terkait
Kijang Innova Mobil Terlaris, Lebih Laku Zenix atau Reborn?
Detik.com Jenis Media: Otomotif
Reborn dan Zenix turut berkontribusi mengantar Kijang Innova jadi mobil terlaris di Indonesia. Lalu mana yang lebih laris di antara keduanya.
Kijang Innova masih memegang takhta sebagai mobil terlaris di Indonesia periode Agustus 2024. Torehan penjualan Kijang Innova itu belum bisa dilampaui oleh model-model lainnya. Dalam data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi Innova mencapai 6.537 unit.
Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Foto: dok. Moch Prima Fauzi/detikcomUntuk diketahui, penghitungan penjualan wholesales Kijang Innova itu melibatkan dua model yaitu Reborn dan Zenix. Ya, meski Zenix merupakan generasi terbaru, namun Toyota masih menawarkan Reborn versi diesel dan bensin. Lalu mana yang lebih laris di antara Reborn dan Zenix?
Secara penjualan, Kijang Innova Zenix tercatat lebih unggul. Distribusi Innova Zenix pada Agustus 2024 mencapai 3.759 unit sementara Innova Reborn 2.778 unit. Pun bila dihitung sejak awal tahun, Kijang Innova Zenix unggul jauh. Pada periode Januari hingga Agustus, Toyota sudah mendistribusikan 24.427 unit Zenix ke seluruh dealer-dealernya. Sedangkan Kijang Innova Reborn selama delapan bulan telah terdistribusi sebanyak 16.777 unit.
Meski sama-sama menyandang nama Innova, keduanya jelas berbeda total. Terlebih kalau bicara dapur pacu, Kijang Innova Reborn masih menawarkan opsi mesin diesel dan bensin. Kijang Innova Reborn diesel menggendong mesin 2 GD FTV berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.
Kijang Innova Reborn bensin hadir dengan mesin berkode 1TR-FE empat silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc. Tenaga maksimal mesin bensin itu mencapai 139 PS pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 183,3 Nm pada 4.000 rpm. Innova bensin ditawarkan dengan pilihan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic, atau transmisi manual 5 percepatan.
Sementara itu Kijang Innova Zenix juga menawarkan dua opsi. Pertama mesin konvensional dan satu lagi bermesin hybrid. Kijang Innova Zenix Hybrid mengusung mesin 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm), yang didukung motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS. Versi bensinnya menggendong mesin M20A-FKS yang memiliki tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 kgm pada rentang rpm 4.500-4.900.
Bagi Toyota, Kijang Innova memang jadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Terlebih ketangguhannya sudah terbukti. Makanya Innova jadi salah satu mobil legenda di Tanah Air.
"Kijang Innova secara keseluruhan masih menjadi favorit masyarakat Indonesia. Kijang sendiri sudah dipercaya konsumen sejak 1977," kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy kepada detikOto belum lama ini.
Keduanya jelas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Gimana, kalau kamu lebih suka Kijang Innova Reborn atau Zenix nih?
(dry/din)
Sentimen: positif (79%)