Sentimen
Positif (66%)
22 Agu 2024 : 14.06
Informasi Tambahan

Brand/Merek: Toyota

Tokoh Terkait

Ternyata Gara-gara Ini, Toyota Recall Mobil Listrik bZ4X di Indonesia

Detik.com Detik.com Jenis Media: Otomotif

22 Agu 2024 : 14.06
Jakarta -

Mobil listrik Toyota bZ4X di Indonesia kena recall. Apa masalahnya?

Toyota bZ4X di Indonesia kena recall. Tidak semua unit mobil listrik bZ4X itu kena recall. PT Toyota Astra Motor mengumumkan recall tersebut hanya menyasar bZ4X tahun produksi Desember 2022 hingga Agustus 2023. Bagi pemilik bZ4X dengan tahun produksi tersebut, diminta untuk mendatangi bengkel terdekat guna melakukan pemeriksaan dan kalau perlu penggantian komponen.

Recall itu berkaitan kamera depan dan belakang. Sekadar informasi, Toyota bZ4X dilengkapi dengan Front View Camera dan Rear View Camera yang digunakan untuk menangkap dan menampilkan gambar area di depan dan belakang kendaraan. Keberadaan fitur tersebut dapat membantu pengendara saat parkir agar tetap aman ketika bermanuver.

Karena adanya proses pengelasan laser yang kurang optimal pada wadah kamera di supplier pada periode produksi tertentu, ada kemungkinan wadah kamera dapat terlepas apabila terkena tekanan eksternal dari waktu ke waktu, sehingga memungkinkan air bocor ke dalam kamera. Jika keadaan ini terjadi dan tidak segera diperbaiki, sirkuit di dalam kamera dapat mengalami korsleting yang menyebabkan ketidakmampuan menampilkan gambar area di depan dan belakang kendaraan dengan baik.

Pemilik kendaraan yang terlibat, akan menerima pemberitahuan melalui surat dan dapat menghubungi bengkel resmi Toyota untuk booking jadwal pemeriksaan. Estimasi waktu yang dibutuhkan dalam proses perbaikan Front View Camera dan Rear View Camera, untuk tahap pemeriksaan, dibutuhkan waktu sekitar 50 menit hingga 2 jam.

Jika diperlukan penggantian parts, maka akan memakan waktu sekitar 1,5 jam hingga 4 jam untuk menyelesaikannya, tergantung model kendaraan. Karena itu, Toyota dan Lexus menghimbau kepada pemilik kendaraan untuk menyediakan waktu yang cukup agar semua proses dapat berlangsung dengan lancar.

Pelanggan disarankan agar melakukan booking terlebih dahulu mengenai jadwal pemeriksaan, sehingga tidak perlu menunggu antrean terlalu lama karena sudah terjadwal. Seluruh proses pemeriksaan hingga final check tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

"Selain informasi resmi melalui surat, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghimbau pelanggan untuk menghubungi dealer Toyota atau Lexus manapun untuk memverifikasi apakah kendaraannya termasuk ke dalam model yang mendapatkan pemanggilan. Dengan visi Total Mobility Solution, pelanggan dapat mengakses informasi recall melalui website resmi kami https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315 dan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 0811-1500-315. Khusus Lexus, silakan menghubungi Lexus Customer Care 24 jam di nomor telepon021-390-9999 atau 0821-8090-0900," jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy dalam keterangan resminya.


(dry/din)

Sentimen: positif (66.7%)