Sentimen
Negatif (65%)
3 Agu 2024 : 19.30
Informasi Tambahan

Brand/Merek: Toyota

Tokoh Terkait

Dipakai Kijang Innova Reborn, Ini Keunggulan Penggerak Roda Belakang

Detik.com Detik.com Jenis Media: Otomotif

3 Agu 2024 : 19.30
Jakarta -

Kijang Innova Reborn merupakan salah satu model yang masih menggunakan penggerak roda belakang. Memang apa ya keuntungan RWD?

Sistem penggerak roda depan belakangan kian digemari. Seperti diketahui ada beberapa mobil di segmen MPV yang dulu menggunakan sistem penggerak roda belakang kini beralih menggunakan roda depan.

Meski begitu, tak lantas mobil MPV dengan penggerak roda belakang menghilang. Kijang Innova salah satunya. Toyota masih mempertahankan sistem penggerak roda belakang pada Kijang Innova Reborn.

Ada yang menyebut penggerak roda belakang menjadi salah satu faktor yang membuat Innova Reborn masih laris meski sudah ada Innova Zenix. Tapi Toyota menampik hal itu, menurutnya larisnya Reborn karena faktor diesel.

"Jadi saya rasa karena diesel dan orang-orang daerah itu suka diesel manual dan matik," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy belum lama ini.

Kelebihan Penggerak Roda Belakang

Adapun masing-masing penggerak roda punya kelebihan. Khusus penggerak roda belakang, umumnya digunakan pada mobil-mobil yang dipakai kerja keras. Sistem penggerak roda belakang yang disebut juga RWD (Rear Wheel Drive) biasanya diandalkan untuk kebutuhan berkendara di berbagai medan berat.

Keuntungan dari sistem RWD adalah distribusi bobot yang lebih baik. Mobil RWD memiliki ruang penyimpanan mesin di bagian depan dan girboks serta driveshaft di bagian tengah. Penempatan ini menjadikan pembagian beban lebih ideal dan merata.

Selain itu, sistem penggerak RWD membagikan beban pada roda depan dan belakang secara optimal. Roda depan fokus hanya untuk kemudi dan roda belakang untuk sistem penggerak. Pembagian masing-masing beban kerja ini membuat sistem penggerak dan komponen suspensi lebih awet.

Di tanjakan, mobil RWD cenderung tidak mengalami spin. Sebab, ketika menanjak bobot akan mengarah ke belakang dan roda belakang sebagai roda penggerak tetap mendapatkan traksi.

Kekurangan Penggerak Roda Belakang

Bicara kelebihan, tentu ada kekurangannya. Mobil dengan FWD biasanya memiliki bobot lebih berat. Selain lebih berat, mobil RWD juga kerap mengalami loss power akibat gesekan di komponen powertrain itu. Karenanya, mobil RWD kadang-kadang kurang irit dan kurang responsif dibanding mobil FWD.

Kekurangan lain pada sistem penggerak roda belakang berupa kabin yang kurang lapang. Soalnya, lantai mobil menjadi tidak rata karena menjadi tempat untuk sistem transmisi dan propeller shaft di bagian bawahnya.


(dry/din)

Sentimen: negatif (65.3%)