Sentimen
Informasi Tambahan
BUMN: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk
Tokoh Terkait
Hinsa Siburian
BSSN Pastikan Sistem Layanan Pemerintah Pulih Sepenuhnya pada Akhir Juli
Beritasatu.com Jenis Media: Nasional
Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian mengatakan sistem pelayanan masyarakat di seluruh instansi akan sepenuhnya pulih pada akhir Juli ini. BSSN sedang berupaya memulihkan sistem Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang terkait dengan pengolahan data di berbagai instansi
"Kami berharap bulan ini selesai. Saat ini kami masih dalam tahap pemulihan," kata Hinsa saat ditemui di Jakarta Utara, Rabu(17/7/2024) dikutip dari Antara.
Selama proses pemulihan ini, prioritas BSSN adalah memperbaiki sistem yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat. Hinsa menyebutkan bahwa salah satu sistem yang telah diperbaiki adalah keimigrasian, yang saat ini sudah berfungsi normal.
Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa sebanyak 86 layanan dari 16 pemilik layanan telah aktif selama pemulihan PDNS 2.
“Per 12 Juli pukul 17.30 WIB, tercatat 86 layanan dari 16 kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah telah go live,” kata Hadi dalam pernyataan resmi di Jakarta, Sabtu (13/7/2024).
Dia menjelaskan bahwa upaya pemulihan PDNS 2 dilakukan oleh tim yang terdiri dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), BSSN, PT Telkom Tbk, serta partisipasi aktif dari semua pemilik layanan.
Selain layanan perizinan, Hadi mengungkapkan bahwa beberapa layanan publik yang berhasil dipulihkan juga termasuk portal informasi, seperti layanan beasiswa yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
Menko Hadi menambahkan bahwa tim saat ini terus berupaya memulihkan layanan publik secepat mungkin dengan tetap memperhatikan aspek kehati-hatian.
Sentimen: positif (99.6%)