Sentimen
Positif (95%)
13 Jul 2024 : 20.50
Informasi Tambahan

BUMN: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Kasus: Zona Hijau, serangan siber, zona merah

Tokoh Terkait

86 Layanan yang Terdampak Serangan PDNS Sudah Pulih

CNBCindonesia.com CNBCindonesia.com Jenis Media: Tekno

13 Jul 2024 : 20.50

Jakarta, CNBC Indonesia - Sudah tiga pekan sejak serangan ransomware ke Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2, tepatnya pada 20 Juni 2024.

Berdasarkan laporan terbaru, sebanyak 86 layanan yang berasal dari 16 tenant telah pulih.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto menyatakan, upaya pemulihan layanan PDNS 2 dilakukan oleh tim yang terdiri dari Kementerian Kominfo, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), PT Telkom Tbk, dan partisipasi dari semua tenant.

"Per 12 Juli, pukul 17.30 WIB, tercatat 86 layanan dari 16 kementerian, lembaga dan pemerintah daerah telah go live," kata Hadi dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (13/7/2024).

Menko Polhukam menjelaskan beberapa layanan publik yang telah dipulihkan, selain dalam bentuk layanan perizinan juga berupa layanan informasi dalam bentuk portal. Termasuk layanan beasiswa yang dikelola Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Adapun proses pemulihan layanan terbagi dalam tiga zona tahapan berdasarkan teknik penanganan data. Data yang terdampak insiden pada PDNS 2 berada di zona merah, dan ditetapkan dalam proses "karantina". Selanjutnya akan pindahkan ke zona biru untuk dilakukan penguatan keamanan dan pemindaian kerentanan.

"Sebelum nantinya bisa go-live atau data layanan publik diunggah ke pusat data lain ke zona hijau yang siap digunakan kembali," jelasnya.

Setiap tahapan pemulihan dilakukan dengan teliti dan cermat. Langkah itu diambil untuk meminimalkan celah serangan siber yang dapat masuk dan berdampak pada pelayanan publik.

"Pemerintah melakukan pembersihan data dari malware atau pun virus yang mencurigakan dari data yang sudah berhasil diselamatkan, sekaligus memperkuat parameter keamanan infrastrukturnya," terangnya.

Hadi menambahkan saat ini tim terus melakukan upaya pemulihan layanan publik secepatnya dengan tetap memperhatikan aspek kehati-hatian.


(fab/fab)

Sentimen: positif (95.5%)