Sentimen
Informasi Tambahan
Kab/Kota: Tangki
Tokoh Terkait
Spek Motor Buat Ujian Praktik SIM C1, Harganya Rp 200 Jutaan!
Detik.com Jenis Media: Otomotif
Jakarta -
Ujian praktik SIM C1 bakal menggunakan motor Hunter Scrambler SK500. Begini spesifikasi motor ujian seharga Rp 200 jutaan itu.
SIm C1 sudah resmi berlaku. Bagi kamu pengendara motor dengan kapasitas silinder 250-500 cc, maka harus menggunakan SIM C1. Untuk mendapatkan SIM C1, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan pertama, kamu harus memiliki SIM C yang telah digunakan selama 12 bulan sejak diterbitkan.
Kamu juga harus berusia minimal 17 tahun yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk. Kemudian juga harus ada surat keterangan sehat dari dokter. Kalau persyaratan itu sudah dipenuhi, maka tinggal datang ke Satpas untuk membuat SIM C1. Kendati demikian, kamu juga harus mengikuti ujian teori dan praktik. Ujian praktik SIM C1 ini akan berbeda dari ujian SIM C.
"Trek SIM C1 mempunyai panjang hingga 2,5 meter, atau berbeda 1,4 meter dengan SIM C biasa, namun untuk ujian teorinya semua sama," ungkap Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus belum lama ini.
Motor yang digunakan ujian praktik juga berbeda. Mengutip laman Korlantas Polri, ujian praktik SIM C1 menggunakan Hunter Scrambler SK500. Untuk kepentingan ujian SIM C - 1, Scrambler SK500 menggunakan mesin 471 cc DOHC 2-silinder parallel twin dengan tenaga 48,2 daya kuda dan torsi 44 Nm dengan teknologi transmisi manual 6-percepatan.
Motor ini memiliki kapasitas tangki 20 liter dengan konsumsi BBM 28 km/liter. Untuk jenis BBM-nya, Hunter Scrambler SK500 dianjurkan menggunakan bensin tanpa timbal RON 90. Mengutip laman Hunter Motorcycles Indonesia, harga Scrambler SK500 ini Rp 209.798.000.
Hunter Scrambler SK500 ini memiliki panjang 2.156 mm, lebar 850 mm, jarak sumbu roda 1.460 mm dan tinggi jok 820 mm dengan bobot yang cukup berat, mencapai 178 kilogram.
Kaki-kakinya tergolong cukup kuat dengan menggunakan suspensi KYB untuk depan dan belakang, khusus bagian belakang menggunakan lengan ayun jenis mono atau single arm dan pengereman dengan rem cakram ganda untuk depan dan satu di belakang.
(dry/din)
Sentimen: negatif (64%)