Sentimen
Positif (98%)
3 Jun 2022 : 05.31
Informasi Tambahan

BUMN: Bank Mandiri

WhatsApp Siapkan Layanan Ngobrol 1 Akun untuk 10 Perangkat

CNNindonesia.com CNNindonesia.com Jenis Media: Tekno

3 Jun 2022 : 05.31
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp bakal segera merilis fitur premium baru yang disebut bisa membantu mempermudah bisnis buat Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Meta Director of Business Messaging, Kyle Jenke mengatakan Indonesia bersama Brasil dan India menjadi market terbesar untuk menggunakan inovasi baru WhatsApp for Business.

Fitur baru yang ditawarkan memiliki kemampuan untuk mengelola percakapan di satu akun hingga 10 perangkat secara bersamaan.

Perpesanan multi-device untuk bisnis yang bisa memasukkan empat device di satu akun WhatsApp Business dan bisa menjangkau sampai 10 device jika berlangganan ke premium. Selain itu, tautan klik untuk pemilik bisnis berkomunikasi dengan customer juga bisa disesuaikan menggunakan WhatsApp.

Pasalnya, bisnis dalam skala besar kerap membangun solusi yang khusus serta menawarkan layanan kepada pelanggan untuk bisa lebih cepat secara personal, seperti misalnya membagi informasi tentang status pengiriman barang atau boarding pass melalui WhatsApp.

"Fitur baru ini akan mempermudah pemilik usaha berkomunikasi dengan customer secara personal dan cepat melalui pesan di WhatsApp. Selain bisa di end to end encrypted supaya lebih aman. Berjualan akan lebih mudah," kata Jenke dalam media briefing, Kamis (2/6).

Sebelumnya, WhatsApp Business platform baru juga menyediakan Cloud API sebagai tempat penyimpanan yang lebih besar bagi para pebisnis. Melalui fitur ini, pemilik usaha tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan karena Meta sudah menyediakan cloud gratis untuk bisnis apapun di seluruh dunia.

Seperti diketahui, WhatsApp bisnis membuat UKM bisa melakukan banyak komunikasi pesan kepada para konsumennya. Termasuk membalas pesan cepat setiap pertanyaan dan informasi penawaran promo dan diskon produk.

Beberapa perusahaan besar di Asia Tenggara disebut sudah menggunakan layanan WhatsApp for Business. Sebut saja misalnya, Grab yang telah mampu mengurangi backlog pertanyaan pelanggan hingga 90 persen di enam negara; Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Selain itu Bank Mandiri yang disebut sudah bisa mengelola hampir 10 ribu interaksi setiap hari melalui WhatsApp. Serta Indosat Ooredoo Hutchison, yang mendapatkan tingkat kepuasan tertinggi dari 70 persen pengguna untuk layanan dukungan pelanggan otomatisnya.

"Perusahaan jadi bisa membangun ekosistem bisnis baru dengan menggunakan pesan melalui WhatsApp. Bisnis akan lebih cepat dengan jangkauan lebih luas. Perusahaan E-commerce bisa memberikan promosi diskon dengan mudah melalui pesan WhatsApp," jelas Jenke.

(ttf/mik)

[Gambas:Video CNN]

Sentimen: positif (98.1%)