Sentimen
Positif (100%)
12 Sep 2024 : 23.29
Informasi Tambahan

BUMN: TransJakarta

Tokoh Terkait

BBM Bersubsidi Harus Tepat Sasaran, Kemenko Marves Beri Sinyal Tak Ada Kenaikan Harga untuk Tipe Kendaraan Ini

12 Sep 2024 : 23.29 Views 7

TVOneNews.com TVOneNews.com Jenis Media: News

BBM Bersubsidi Harus Tepat Sasaran, Kemenko Marves Beri Sinyal Tak Ada Kenaikan Harga untuk Tipe Kendaraan Ini

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) menilai penyaluran BBM bersubsidi mesti tepat sasaran untuk kehidupan masyarakat agar lebih baik.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marvest Rachmat Kaimuddin menegaskan penyaluran BBM subsidi tepat sasaran itu bisa memperlebar ruang fiskal yang dibutuhkan.

Menurutnya, hal itu untuk meningkatkan kualitas dan kebersihan BBM, serta menyediakan bus listrik dalam mengatasi polusi udara perkotaan.

"Rencana kebijakannya sudah matang. BBM kita harus dibersihkan dari sulfur yang tinggi tapi itu butuh biaya," kata dia, Kamis (12/9/2024).

Rachmat menekankan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu, maka penyaluran BBM bersubsidi harus dijalankan.

Oleh karena itu, dia merasa langkah yang bisa digunakan ialah tanpa mengubah atau menaikkan harga BBM bersubsidi.

"Sementara BBM bersubsidi tidak boleh naik harganya. Maka dari itu, langkah paling tepat adalah memperbaiki penyaluran BBM bersubsidi," jelasnya.

Pemerintah merencanakan BBM bersubsidi akan dibatasi bagi kendaraan roda empat dengan volume ruang silinder (cc) besar.

Lalu, bagi motor dan mobil dengan cc kecil masih dapat menggunakan biosolar dan pertalite yang merupakan produk BBM bersubsidi.

"Hanya sedikit yang akan terdampak dari kebijakan ini, di bawah tujuh persen kendaraan. Ini kita lakukan untuk melindungi lebih dari 93 persen kendaraan," kata dia.

Rachmat menegaskan bahwa harga BBM bersubsidi tidak akan naik dan pasokan akan tetap terjaga bagi masyarakat yang membutuhkan.

Dengan demikian, dia menampik anggapan bahwa rencana kebijakan ini akan menekan kelas menengah karena pembatasan kemungkinan akan dilakukan berdasarkan tipe mesin mobil.

"Rencana kebijakan ini sudah dirancang sedemikian rupa justru untuk melindungi kelas menengah. Kelas menengah akan terlindungi karena masih dapat mengakses BBM bersubsidi yang kualitasnya diperbaiki dan rendah polusi," ujarnya.

Transjakarta dukung penggunaan bus listrik

Di kesempatan yang sama, Direktur Operasional dan Keselamatan PT Transjakarta Daud Joseph menyampaikan rencana badan usaha daerah tersebut untuk secara bertahap melakukan pengadaan bis listrik.

"Akhir tahun ini PT Transjakarta akan menambah unit 500 bis baru, yang terdiri atas bis besar, bis medium dan microtrans atau kecil. Semuanya akan berupa bis listrik. Harapannya dengan lebih banyak orang beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum yang nol emisi, kita bisa sama-sama atasi masalah pencemaran udara," ujar Daud.

Pada 2022, PT Transjakarta untuk pertama kali mengoperasikan bis listrik dan menemukan bahwa biaya pengoperasian bis listrik dibandingkan dengan bis berbasis solar kurang lebih sama.

Dia mengatakan pengalaman mengoperasikan 100 bis listrik pertama telah mengajarkan PT Transjakarta bahwa biaya produksi dan pemeliharaan bis listrik menjadi semakin efisien dan semakin terjangkau.

Rachmat kemudian mengatakan ekspansi dan elektrifikasi kendaraan umum merupakan kunci penanganan polusi udara terutama di Jakarta.

"Transjakarta kan sangat besar dan penting bagi kita semua. Perannya sangat sentral dalam mengendalikan polusi udara di Jakarta," ujar Rachmat.(ant/lgn)

Sentimen: positif (100%)