Sentimen
Positif (100%)
21 Apr 2024 : 12.49
Informasi Tambahan

Grup Musik: BTS, APRIL

Kab/Kota: bandung, Jabodetabek, Cirebon, Tasikmalaya, Sukabumi, Garut, Indramayu

Tokoh Terkait

Trafik XL Axiata Jabar Naik 13% Selama Lebaran Minggu, 21/04/2024, 12:49 WIB

21 Apr 2024 : 12.49 Views 10

Wartaekonomi.co.id Wartaekonomi.co.id Jenis Media: News

Trafik XL Axiata Jabar Naik 13% Selama Lebaran
Minggu, 21/04/2024, 12:49 WIB

Warta Ekonomi, Bandung -

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara 4 April 2024 - 14 April 2024 di Jawa Barat.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data secara rata-rata di seluruh Jawa Barat sebesar 13% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Baca Juga: Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-383, Ini Pesan Pj Gubernur Jabar

Lonjakan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yaitu mencapai 44%. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

“Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini.  Kami sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan," kata I Gede Darmayusa dalam keterangan resminya, Minggu (21/4/2024)

Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem. Seperti yang sudah diprediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan. Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16%.

"Selain itu, kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis,” ujarnya

Adapun, Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto mengatakan, kenaikan trafik secara rata-rata di Jawa Barat ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran.

Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan.

Kenaikan trafik XL Axiata tertinggi di wilayah Jawa Barat selama periode Lebaran 2024 terjadi di Kab Kuningan, naik sebesar 44% Kab Tasikmalaya (43%), Kab Pangandaran (43%), Kab Ciamis (41%), Kab Indramayu (34%), Kota Banja (28%), Kab Garut (28%),Kab Sukabumi (28%), Kab Majalengka  (25%) dan Kab Cirebon, naik (22%).

Sejumlah lokasi tujuan wisata popular di Jawa Barat juga mengalami kenaikan trafik antara 24% hingga 139% seiring dengan bertambah ramainya pengunjung di sepanjang libur Lebaran. Demikian pula di sejumlah bandar udara dan pelabuhan kapal laut, juga mengalami kenaikan antara 10% hingga 18%. Kenaikan trafik juga terjadi sepanjang Tol Trans Jawa yang telah menjangkau sejumlah kota, yaitu secara rata-rata mengalami kenaikan trafik hingga 44%.

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59%, disusul oleh web browsing sebesar 18% dan social media 15%.  Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135%, YouTube naik 17%, TikTok 14%, Netflix naik 42%, dan Spotify naik 23%.

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25% dan Meta (Facebook) 15%. Sementara itu web browsing naik 20% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650%. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154% dibanding hari normal.

Sedangkan, untuk trafik layanan di Jabodetabek, terlihat mengalami penurunan pada saat Lebaran dibanding hari biasa, yaitu turun hingga sebesar 7%. Penurunan trafik di Jabodetabek ini sesuai dengan tingginya tingkat perpindahan lokasi pelanggan selama periode Lebaran. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 30%.

Selama periode libur Lebaran tersebut, trafik layanan konvergensi XL Satu juga relatif stabil dibandingkan hari biasa karena masih ada pelanggan yang tidak mudik. Sedangkan untuk layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan XL SATU adalah Layanan Instagram, meningkat sebesar 24%, Layanan Netflix, meningkat (18%), Layanan Tiktok, meningkat sebesar (10%), Layanan Vidio, meningkat sebesar (8%), Layanan Youtube, meningkat sebesar (7%).

"Saat ini total jumlah pelanggan XL SATU mencapai lebih dari 235 ribu home connect," ujarnya

Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahan 94 mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.

Hingga akhir tahun 2023, total jumlah pelanggan di seluruh Jawa Barat mencapai lebih dari 12 juta pelanggan, yang dilayani oleh lebih dari 30.700 BTS, dengan mayoritas BTS 4G, yang telah menjangkau 2.600 desa/kelurahan, 19 kota/kabupaten. Sementara itu, jaringan fixed mobile convergence (FMC) telah menjangkau 13 kota/kabupaten dan akan terus meluas.

Gede menambahkan secara nasional, XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

Baca Juga: Soal Pendataan Petani Calon Penerima Pompanisasi, Sekda Jabar: Minggu Depan Harus Selesai!

"XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data," pungkasnya

Sentimen: positif (100%)