Apa Itu Sistem Waiting Room KAI? Sistem Baru Pemesanan Tiket Kereta
Detik.com Jenis Media: Metropolitan
PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan sistem baru dalam pemesanan tiket kereta api (KA). Sistem waiting room atau antrean ini telah berlaku sejak tanggal 1 Februari 2024 untuk pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI dan website KAI.
"Sistem antrean penjualan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI dan Web KAI.id tersebut sudah mulai diberlakukan sejak tanggal 1 Februari 2024." demikian keterangan resmi dari KAI. Lantas, apa yang dimaksud dengan sistem waiting room itu?
Mengutip dari keterangan resmi KAI, sistem antrean atau waiting room adalah sistem antrean online yang ditetapkan KAI pada aplikasi Access by KAI dan website https://booking.kai.id/. Penerapan sistem waiting room atau antrean ini hanya berlaku saat trafik pemesanan tinggi.
Fitur antrean atau waiting room akan mengatur aliran pemesanan tiket menjadi lebih terorganisir. Sistem waiting room atau antrean ini juga akan membantu memastikan website KAI dan aplikasi Access by KAI tetap stabil, sehingga pengguna dapat memesan tiket dengan lebih adil dan teratur.
Fitur tambahan berupa sistem waiting room atau antrean ini diberlakukan untuk pemesanan tiket kereta api antarkota. Sejatinya fitur ini sudah diterapkan sejak Desember 2023 lalu. Sistem ini juga telah berlaku pada aplikasi Access by KAI dan website KAI sejak 1 Februari 2024.
Cara Kerja Sistem Waiting Room KAIMenurut keterangan resmi KAI, sistem waiting room akan berlaku saat trafik pemesanan tiket kereta api sedang tinggi. Pelanggan yang melakukan pemesanan tiket kereta api melalui website https://booking.kai.id/atau aplikasi Access by KAI akan dimasukkan ke dalam waiting room.
Pada saat berada di waiting room, pelanggan akan mengantere terlebih dahulu, sebelum kemudian dapat mengakses sistem pemesanan tiket kereta api pada aplikasi Access by KAI atau website KAI. Adapun lamanya antrean tergantung pada jumlah pengguna yang sedang online.
Fitur waiting room atau antrean muncul setelah pelanggan mengisi data relasi atau rute perjalanan kereta api, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang. Ketika trafik pemesanan sedang tinggi atau periode sibuk, pelanggan akan diarahkan ke halaman waiting room terlebih dahulu.
Lamanya waktu masuk ke waiting room ditentukan secara otomatis oleh sistem, berdasarkan urutan akses ke website KAI atau aplikasi Access by KAI. Semua pengguna yang mengakses sistem pemesanan tiket pada saat yang sama akan mendapatkan posisi antrean secara berurutan.
Perlu diketahui, masuk ke dalam waiting room tidak menjamin akan mendapatkan tiket, karena ketersediaan tergantung pada permintaan dan kapasitas tiket tersedia. Fitur waiting room hanya memastikan proses pemesanan tiket dilakukan secara teratur dan adil bagi semua pengguna.
Sebab, ketika pemesanan tiket dilakukan pada saat trafik pemesanan tinggi atau pada periode sibuk, waktu pemesanan tiket kereta akan terasa lebih lama, sehingga pelanggan harus menunggu giliran dalam waiting room. Ini dilakukan untuk memastikan akses yang adil dan stabil.
Beberapa Hal yang Perlu DiperhatikanBerikut beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait sistem waiting room atau antrean dalam pemesanan tiket kereta api oleh KAI:
Jika pelanggan keluar dari waiting room sebelum gilirannya, maka pelanggan akan kehilangan posisi antrean dan harus memulai dari awal, jika ingin kembali masuk antrean. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap berada dalam waiting room hingga gilirannya tiba.Setelah dari halaman waiting room, pengguna akan langsung masuk ke halaman jadwal yang dicari. Pada ini, pengguna akan diberikan waktu selama 5 menit untuk memilih jadwal kereta api dengan menggeser tab ke tanggal sebelum atau ke tanggal berikutnya.Namun, jika dalam waktu 5 menit pengguna tidak memilih jadwal atau idle, maka pengguna akan diarahkan masuk ke halaman waiting room kembali. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk segera memilih jadwal yang dicari dan melanjutkan ke tahap berikutnya. (wia/imk)Sentimen: negatif (99.1%)