Sentimen
Informasi Tambahan
Kab/Kota: bandung, Karawang
Tokoh Terkait
Slamet Riyadi
Penumpang Whoosh Tembus 1 Juta Orang
Fajar.co.id Jenis Media: Nasional
FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan apresiasi terhadap jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh yang mencapai 1 juta orang sejak mulai dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023.
Dalam keterangannya di Jakarta pada hari Selasa, Menhub menyatakan rasa syukur atas antusiasme masyarakat dalam menggunakan layanan Kereta Cepat. Whoosh dihadirkan sebagai solusi konektivitas antarwilayah yang cepat, aman, selamat, dan nyaman.
Kereta Cepat Whoosh, sebagai layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, mengoperasikan rute Jakarta-Bandung dengan empat stasiun, yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.
Menhub menjelaskan bahwa kehadiran kereta cepat telah membawa Indonesia sejajar dengan negara maju, menciptakan transformasi dan inovasi yang kini memberikan manfaat nyata.
Selain memenuhi kebutuhan transportasi, kereta cepat juga memiliki dampak positif ganda, seperti pertumbuhan ekonomi di titik-titik baru, pembukaan lapangan pekerjaan, dan transfer teknologi yang meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) nasional.
Menhub mengucapkan apresiasi kepada PT KCIC atas capaian ini dan berharap pelayanan yang diberikan semakin baik ke depannya. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menggunakan layanan Whoosh, menyoroti kecepatan perjalanan, ketidakmacetan di jalan, dan pengurangan polusi sebagai keunggulan.
Berdasarkan data PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), dari sistem pemesanan tiket mulai 17 Oktober hingga 25 Desember 2023, Kereta Cepat Whoosh telah melayani lebih dari 1 juta penumpang.
Penumpang tertinggi dalam satu hari mencapai 21.500 orang, termasuk pada momen libur akhir tahun. Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, menyebut pencapaian ini sebagai indikasi tingginya permintaan masyarakat terhadap transportasi umum modern dan andal di Indonesia dengan efisiensi waktu dan kenyamanan.
Dwiyana menegaskan komitmen KCIC untuk terus meningkatkan pengalaman penumpang Whoosh di stasiun maupun selama perjalanan. Masukan dari penumpang dijadikan evaluasi untuk perbaikan berkelanjutan pada layanan Kereta Cepat Whoosh.
"Mencapai 1 juta penumpang hanya dalam waktu dua bulan merupakan bukti tingginya kebutuhan akan transportasi umum yang modern dan andal di Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada setiap penumpang yang telah memilih Whoosh. KCIC akan terus memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan Whoosh tetap menjadi pilihan utama untuk perjalanan masyarakat antara Jakarta dan Bandung," kata Dwiyana. (ant)
Sentimen: positif (100%)