Sentimen
Positif (100%)
17 Des 2023 : 13.49
Informasi Tambahan

Institusi: UNAIR

Kab/Kota: bandung, Surabaya, Sidoarjo, Banyuwangi, Magetan, Badung, Pekanbaru

Kasus: stunting

Partai Terkait

Sidoarjo Raih Penghargaan Mal Pelayanan Publik Kategori Prima dari KemenPAN RB

Beritajatim.com Beritajatim.com Jenis Media: Politik

17 Des 2023 : 13.49
Sidoarjo Raih Penghargaan Mal Pelayanan Publik Kategori Prima dari KemenPAN RB

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dinobatkan sebagai pemerintah daerah dengan Mal Pelayanan Publik (MPP) terbaik kategori Prima tahun 2023.

Penghargaan sekaligus apresiasi diberikan langsung oleh Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas kepada Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor), pada acara peresmian bersama MPP dan peluncuran JIPPNas di Hotel Bidakara, Selasa (21/11/2023).

Ada 10 pemerintah daerah yang menerima penghargaan MPP terbaik kategori prima diantaranya Provinsi DKI Jakarta, Kabupaten Badung, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Magetan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Bandung, Kota Pekanbaru dan Kota Surabaya.

Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas menyampaikan apresiasinya kepada pimpinan kepala daerah atas capaiannya dalam meningkatkan pelayanan publik dan inovasinya. “Inovasi dan pelayanan publik yang terbaik harus diapresiasi. Hari ini Bapak-Ibu diapresiasi termasuk para kepala daerah yang mempunyai semangat membuat pelayanan publik lebih baik,” ucap Anas.

Anas membeberkan, sekarang ini total MPP yang ada di Indonesia sudah mencapai 175, dan ini adalah sebuah progress yang sangat baik, “khususnya dalam melaksanakan pelayanan untuk masyarakat,” tukasnya.

BACA JUGA: Bupati Sidoarjo Ajak Ratusan Kader Kesehatan Remaja Tekan Angka Stunting

Sementara itu Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN RB Diah Natalisa menyampaikan, dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, perlu adanya komitmen bersama para stakeholder, antara pimpinan dan jajarannya.

“Pelayanan publik yang berkualitas dan berdampak tidak bisa dikerjakan secara mandiri. Perlu kolaborasi dengan stakeholder, melibatkan akademisi, mitra pembangunan, BUMN, praktisi dan juga internal pemerintah,” jelas Diah Natalisa.

Dalam acara itu, MenPAN RB Azwar Anas meresmikan 12 MPP kab/kota dan melaunching website JIPPNas (Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional). Website JIPPNas berisi data 2.928 inovasi yang berasal dari data Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kementerian PANRB, Innovative Government Award (IGA) Kemendagri dan Laboratorium Inovasi (InoLAN) LAN, diharapkan JIPPNas menjadi rujukan nasional.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor menerima penghargaan dari Menteri PAN RB Azwar Anas

Atas penghargaan ini, Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali mengapresiasi kerja keras jajarannya, terutama tim yang dibentuk untuk mengawal inovasi pelayanan publik yang selama ini dengan bekerja mengawal dan mendampingi OPD dalam rangka meningkatkan pelayanan instansi kepada masyarakat yang pelayanannya terpadu satu gedung di MPP Sidoarjo Jalan Lingkar Timur.

“Saat ini di MPP ada 24 instansi yang bergabung dengan 142 jenis layanan. Kualitas layanan terus kita dorong, terus dievaluasi dan dibenahi agar lebih baik lagi melayani masyarakat,” tegasnya
usai menerima penghargaan didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Sidoarjo, Rudi Setiawan dan Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo, Ari Suryono.

Menurut Gus Muhdlor OPD yang terus didorong dalam pelayanan publiknya seperti DPMTSP yang tugasnya mengelola MPP, melayani perizinan usaha dan penanaman modal. Kemudian Disdukcapil yang melayani administrasi kependudukan, BPPD yang melayani pembayaran pajak daerah seperti PBB dan pajak usaha.

BACA JUGA: Keempat Kalinya Kabupaten Sidoarjo Raih Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak

“Ketiga OPD ini pelayanan publiknya harus prima. Oleh karena itu tidak ada kata berhenti dalam berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan harus humanis, dinamis dan cepat,” harap alumni Unair Surabaya itu.

Gus Muhdlor menegaskan dirinya tidak lantas berpuas diri dengan capain tersebut. Ia terus mendorong pelayanan disetiap instansi harus berdampak langsung pada kepuasan masyarakat. Seperti pelayanan kesehatan di RSUD Sidoarjo sudah naik kelas menjadi tipe A, dan Sidoarjo menjadi satu-satunya rumah sakit di Indonesia yang memiliki rumah sakit kelas A.

BACA JUGA: Sidoarjo Raih Penghargaan UHC Award, Diserahkan Wapres KH Ma’ruf Amin

Peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat juga menjadi atensinya. Tahun ini Pemkab Sidoarjo memiliki 30 puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan. Gus Muhdlor mendorong Dinas Kesehatan agar terus berbenah pelayanan di setiap puskesmas dalam melayani masyarakat.

“Layanan kesehatan, rumah sakit, puskesmas harus lebih baik setiap harinya, petugasnya harus ramah. Kita juga mendorong pelayanan publik di kelurahan dan di kantor desa lebih baik lagi karena itu adalah ujung tombak pelayanan kependudukan. Kita sudah punya aplikasi Sipraja untuk kemudahan layanan kependudukan, aplikasi yang terus kita update dan dikembangkan jenis layanannya untuk memberikan kecepatan layanan dan kemudahan lewat layanan online,” tutup Gus Muhdlor. [isa/suf]


Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks


Sentimen: positif (100%)