Sentimen
Positif (100%)
11 Des 2023 : 12.42

Kejutan Besar Sehari Sebelum 12.12. TikTok Akuisisi Tokopedia Rp 23,53 Triliun

11 Des 2023 : 12.42 Views 1

Merahputih.com Merahputih.com Jenis Media: News

Kejutan Besar Sehari Sebelum 12.12. TikTok Akuisisi Tokopedia Rp 23,53 Triliun

MerahPutih.com - Kejutan besar terjadi dunia bisnis ecommerce Indonesia sehari sebelum Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 (12 Desember 2023). PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok resmi mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.

Dalam akuisisi ini, TikTok akan menginvestasikan lebih dari USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 23,43 triliun (kurs Rp 15.619,85 per USD) sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, yang sering disingkat tokped, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Baca Juga:

Pemerintah Buka Peluang TikTok Shop Kembali Beroperasi di Indonesia

"Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi Perseroan untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market)," tulis keterangan resmi manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, dikutip di Jakarta, Senin (11/12).

Perusahaan ekosistem digital terbesar di Indonesia itu mengatakan kemitraan dengan TikTok akan memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Kemitraan ini difokuskan pada pemberdayaan dan perluasan pasar bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasional.

Tokopedia berkomitmen membantu UMKM memasarkan produknya secara daring. (Foto: Tokopedia)

Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.

Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo. Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, dengan TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola PT Tokopedia.

Kemitraan strategis ini akan dimulai dengan periode uji coba yang akan diawasi oleh kementerian dan lembaga terkait. Selama uji coba, akan diluncurkan kampanye "Beli Lokal" pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Harbolnas. Inisiatif ini merupakan upaya pemerintah Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memberdayakan UMKM lokal.

Baca Juga:

GoTo Turunkan Jumlah Saham Yang Dijual di BEI

Kampanye "Beli Lokal" akan hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asli Indonesia. Program ini di TikTok akan memungkinkan pengguna berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka.

Pada masa mendatang, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen untuk memberikan manfaat lebih luas bagi pelaku UMKM di Indonesia melalui platform e-commerce, serta mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam 5 tahun ke depan. Lebih dari 90% dari merchant yang terlibat dalam penggabungan bisnis ini adalah pelaku UMKM. (*)

Baca Juga:

Cerita CEO GoTo Jatuh Bangun Tokopedia dan Gojek Hingga Melantai di Bursa

Sentimen: positif (100%)