Via Tranformasi Pelabuhan Belawan, Pelindo Multi Terminal Terus Tingkatkan Layanan
Sumutpos.co Jenis Media: News
MEDAN, SUMUTPOS.CO – Bergerak mewujudkan pelayanan terbaiknya, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai satu Subholding PT Pelindo, melakukan Go-live PTOS-M (Pelindo Terminal Operation System Multipurpose) di SPMT Branch Belawan, Sabtu, (2/11) lalu.
Untuk diketahui, dalam bisnisnya, SPMT bergerak pada kepelabuhanan di bidang operasi terminal multipurpose, seperti curah cair, curah kering, dan kargo umum.
Sementara Go-live PTOS-M, merupakan implementasi dari inisiatif strategis Pelindo Group dalam transformasi dan standarisasi operasi pelabuhan, yang berpegang pada 6 pilar transformasi. Yakni proses bisnis, teknologi, peralatan, SDM, infrastruktur, dan HSSE.
Peralihan sistem Go-live PTOS-M yang menjadi bagian dari standarisasi operasional SPMT, dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas layanan bagi para pengguna jasa di Branch Belawan, sekaligus merupakan bagian dari program transformasi dan standarisasi di Pelindo Group.
Direktur Operasi SPMT, Arif Rusman Yulianto mengungkapkan, dengan terpenuhinya 6 pilar transformasi, maka langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan keseluruhan pilar-pilar tersebut.
“Go-Live PTOS-M ini bukanlah sebagai tujuan akhir, namun ini merupakan pintu awal memperbaiki diri untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Dan harapan kami milestone Go-live Belawan ini, akan memberikan dampak positif untuk semua hal. Karena pada dasarnya, transformasi bukanlah sekadar memasang gate atau lainnya, namun bagaimana kita fokus menjalani amanah dari Pelindo,” ungkap Arif.
Arif juga menekankan, dalam pelaksanaan transformasi dan standarisasi operasional di Branch Belawan ini, juga erat berkaitan dengan aspek kepatuhan seperti HSSE dan aspek K3 (kesehatan dan keselamatan kerja).
“Terlepas dari itu semua, yang penting adalah komitmen kita bersama untuk melakukan perbaikan dari segala aspek. Dan terakhir, semoga ini membawa SPMT menjadi lebih baik pada khususnya, dan menjadikan Pelindo semakin baik lagi pada umumnya,” harapnya.
Menyahuti itu, Direktur SDM SPMT, Edi Priyanto menyampaikan, tantangan dalam sebuah transformasi adalah bagaimana sebuah konsistensi dilakukan.
“Hingga saat ini, SPMT sudah melakukan perbaikan-perbaikan.Mulai dari proses bisnis, rambu, hingga sistem, termasuk SDM. Saya berharap, agar kita semua jangan berhenti untuk melakukan perbaikan-perbaikan secara berkelanjutan. Hanya ada 2 pilihan yang harus dilakukan, bertransformasi atau kita akan mati. Karena perubahan adalah hal yang mutlak bagi kita semua,” jelasnya.
Transformasi di Branch Belawan merupakan bagian dari upaya SPMT untuk terus menghadirkan layanan operasional yang lebih baik, dan meningkatkan kepuasan para pengguna jasa dengan kinerja yang terstandarisasi di seluruh Indonesia.
Sebelumnya, peningkatan layanan operasional ini juga ditandai dengan angka kinerja operasional SPMT yang tumbuh positif sepanjang semester pertama 2023 lalu. (mag-1/saz)
Sentimen: positif (99.8%)