Sentimen
Informasi Tambahan
Hewan: Ayam
Tokoh Terkait
Putu Juli Ardika
Pameran FHI 2023 Sukses Digelar, Lebih dari 36 Ribu Pengunjung Padati JIEXPO
Krjogja.com Jenis Media: News
Krjogja.com - JAKARTA - Pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2023 telah sukses digelar dari 25 - 28 Juli 2023 lalu di seluruh hall Jakarta International Expo (JIEXPO) dengan menarik lebih dari 36 ribu pengunjung. Tak hanya itu, pameran juga diramaikan oleh lebih dari 750 perusahaan yang terdiri dari lebih dari 450 perusahaan lokal atau nasional dan lebih dari 300 perusahaan luar negeri dari 31 negara/wilayah yang bergerak di bidang industri perhotelan (Hospitality), makanan dan minuman (food & beverages atau F&B).
Pameran ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr H Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam sambutannya, Sandiaga menyebut FHI 2023 merupakan pameran industri F&B dan perhotelan terbesar di Asia Tenggara dan yang paling ditunggu banyak pihak.
“Kami mengapresiasi semangat dari pelaku industri yang turut meningkatkan roda perekonomian dan melalui event FHI ini, mengenalkan produk unggulan Indonesia ke pelaku industri lain dan investor,” ungkap Sandiaga pada Opening Ceremony FHI 2023, Selasa (25/07/2023).
Menurut Sandiaga, kehadiran FHI yang bersinergi dengan pemerintah merupakan bentuk kepedulian terhadap industri F&B dan perhotelan, sekaligus mendorong pelaku usaha untuk terus berinovasi menggunakan bahan-bahan unggulan asli Indonesia.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Ir Putu Juli Ardika juga menyampaikan industri makan dan minum (F&B) merupakan motor utama pertumbuhan industri pengolahan non migas di Indonesia. Triwulan pertama 2023 industri F&B tumbuh 5,35% yang sejalan dengan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional yakni 5,03%.
Ia menjelaskan, industri F&B memberikan nilai positif pada neraca perdagangan yakni mencapai nilai 11,48 miliar dollar AS. Industri ini sendiri berada pada posisi ketiga investasi yang paling menarik di Indonesia dengan nilai investasi sebesar 19,6 triliun rupiah yang mampu menyerap 5,7 juta tenaga kerja.
“Industri F&B ini multilayer effect, kebijakan pemerintah dibuat untuk meningkatkan daya saing, memperluas akses pasar dan pengurangan hambatan ekspor. Sedangkan dukungan pemerintah terhadap pameran berskala internasional seperti FHI adalah upaya peningkatan ekspor dari sisi permintaan,” ungkap Putu.
Event Director FHI 2023, Juanita Soerakoesoemah menjelaskan, dalam rangka mendukung industri F&B dan hospitality di Indonesia yang terus bertumbuh, FHI merespon dengan tanggap melalui hadirnya kembali pameran ini di tahun 2023.
“Mulai tahun ini, FHI secara resmi menjadi ajang tahunan (annually), yang sebelumnya hadir setiap dua tahun sekali. Kehadiran FHI setiap tahunnya akan memberikan akses lebih untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing pelaku usaha di pasar global,” jelas Juanita.
Juanita lalu mengatakan salah satu kunci suksesnya gelaran FHI adalah banyaknya jalinan bisnis yang terjadi selama pameran berlangsung. Sejatinya, pameran ini mempertemukan pelaku industri dan calon customer, agar terjadi pembicaraan hingga perjanjian bisnis yang difasilitasi oleh Business Matching Programme dari FHI. Yakni platform bagi pengunjung dan customer untuk dapat melakukan pertemuan bisnis secara privat dengan perusahaan peserta pameran.
“Selama pameran berlangsung telah terjadi lebih dari 450 business meetings dari berbagai usaha dalam industri hospitality dan F&B,” ujar Juanita.
Juanita menambahkan dalam mendukung pertumbuhan bisnis di sektor tersebut, FHI 2023 telah menghadirkan beragam acara pendukung yang digelar bersama partner asosiasi maupun komunitas professional di industri. Ia menerangkan bahwa semua yang hadir di FHI 2023 berkesempatan lebih untuk belajar langsung dari para ahli sekaligus menjalin koneksi dengan para profesional.
Pada FHI 2023, Association of Culinary Professionals (ACP) berkolaborasi dengan Indonesia Pastry Alliance (IPA) menghadirkan the 13th Salon Culinaire Competition. Terdapat 31 kelas dengan 3 kompetisi bergengsi yaitu Asia Pastry & Baking Challenge, The 7th Junior Asian Challenge, dan Young Talent Escoffier Indonesia.
Kompetisi kuliner ini telah menarik 689 individu berbakat dari 5 negara, antara lain Malaysia, Taiwan, Korea, Vietnam, dan Belgia. Selain itu, peserta dari 16 kota di seluruh Indonesia juga tak mau ketinggalan untuk memamerkan kehebatan aksi kuliner mereka dan mendemonstrasikan keragaman rasa dan teknik masakan Indonesia.
Selain Salon Culinaire, ACP juga menggelar kompetisi menarik yang diberi nama WOK Competition dengan dukungan Kikkoman Akufood Indonesia. Disini, peserta diberikan waktu 7 menit untuk bisa memasak nasi goreng atau ayam goreng sesuai kreasinya dengan menggunakan peralatan masak Wok.
Dari industri minuman, Indonesia Food & Beverage Executive Association (IFBEC) sukses menggelar kompetisi bartender Barnation, yang disponsori oleh Nano Logistic dan Jaddi Internasional. Kompetisi bartender tersebut merebutkan hadiah senilai 50 juta rupiah dan beasiswa pendidikan.
Selain itu, IFBEC juga menggelar F&B Innovation Awards, IFBEC Talk Show dan Craft to Beer Fest, sebuah acara Networking Day yang menghadirkan dua produsen craft beer lokal terkemuka asal Bali yaitu Stark Beer dan Island of Imagination (IOI). Acara ini ditujukan untuk praktisi industri, vendor maupun supplier minuman saling berbagi ide dan berdiskusi tentang update terkini di industri minuman.
Tak mau ketinggalan, ajang bergengsi para pecinta kopi atau Indonesia Coffee Events (ICE), juga telah menghasilkan barista bertalenta yang berhasil keluar menjadi pemenang. Terpilih 3 barista terbaik dalam kategori Indonesia Coffee in Good Spirit (ICIGS) yang juga disponsori oleh Dripp Flavour, diantaranya Shayla Philippa, Muhammad Aga dan Mikael Jasin.
Selain ajang kompetisi, FHI 2023 juga memiliki berbagai kegiatan menarik lainnya dengan para professional sebagai pengisi acara diantaranya Gelato Workshop oleh Carpigiani bersama chef Gelato ternama seperti Chef Louis Tanuhadi, Chef Alessandro Masia, dan Chef James Neider. Ada juga Wine Masterclass oleh Indonesia Sommelier Association (ISA) dengan tema “Cabernet from All Over the World” dan “Sake Testing by Hakutsuru Sake Japan”.
Marketing Communication Manager FHI 2023 Leonarita Hutama menambahkan, sejalan dengan tema “Counteract the Environmental Impact Through Sustainability Towards the Global Market”, FHI 2023 telah siap menjadi katalisator bagi praktik berkelanjutan. “FHI 2023 menghadirkan beragam merek dagang yang mengutamakan sustainability dan menawarkan produk serta layanan yang ramah lingkungan untuk menginspirasi customers kami dalam membuat pilihan yang lebih bijak untuk masa depan yang lebih baik,” ungkap Leona. (*)
Sentimen: positif (100%)