Sentimen
Positif (100%)
30 Jul 2023 : 01.48

Tiga Kunci Kebangkitan UMKM | KRJOGJA

30 Jul 2023 : 01.48 Views 1

Krjogja.com Krjogja.com Jenis Media: News

Tiga Kunci Kebangkitan UMKM | KRJOGJA

Krjogja.com - JAKARTA - Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian nasional utamanya dalam penciptaan lapangan kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat. UMKM harus bangkit dengan semangat kebaruan dan inovasi, serta diakselerasi dengan kolaborasi dan sinergi antar seluruh pemangku kepentingan guna mendorong peran UMKM dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Bank Indonesia (BI) bersama Pemerintah dalam mengakselerasi berbagai kebijakan pengembangan UMKM agar semakin produktif dan kontributif guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Wury Ma'ruf Amin, pada upacara pembukaan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 di Jakarta, Kamis (27/07/2023).

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyampaikan kebangkitan UMKM dapat kita wujudkan melalui 3 (tiga) kata kunci, yaitu konsistensi, inovasi dan sinergi (KIS). Dijelaskan, yang pertama, konsistensi dalam berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk sehingga dapat meningkatkan daya saing UMKM.

Kedua, mendorong inovasi agar UMKM mampu menghadapi perkembangan digitalisasi dan tren pasar. Kebangkitan UMKM perlu didukung pula oleh transformasi UMKM yang semakin inovatif, kreatif, dan adaptif sehingga dapat memperluas akses pasar dan rangkaian rantai pasok, serta meningkatkan akses pembiayaan.

Ketiga, sinergi sebagai elemen penting dalam menciptakan kebijakan dan program yang lebih efektif dan efisien antara Kementerian/Lembaga untuk mendorong perluasan pasar bagi produk-produk UMKM Indonesia, memperkuat sisi penawaran dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM, dan memperkuat sisi penawaran dalam rangka mendorong semangat bangga, cinta, dan beli produk dalam negeri. Pentingnya terobosan dalam mendorong kebangkitan UMKM ini menjadi inspirasi dari penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023.

Dipaparkan, KKI 2023 menyimpulkan lima aspek utama untuk memperkuat pembangunan UMKM nasional. Kolaborasi yang lebih kuat untuk mendorong kolaborasi UMKM meningkatkan inovasi dan nilai tambah dan sebagai bagian dari Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) serta mendukung pilar inklusi keuangan pada keketuaan Indonesia ASEAN 2023.

Kedua, penguatan transaksi bisnis ke bisnis dengan menghadirkan potential buyer /agregator ekspor dan menampilkan berbagai produk UMKM premium siap ekspor. Ketiga, pameran 45 varian kopi unggulan Nusantara dan pendampingan secara end to end. Keempat, tingkatkanwastra dan produk turunan untuk meningkatkan nilai tambah produk UMKM khususnya wastra dan kriya dengan kualitas premium siap ekspor. Kelima, inovasi dan aktivasi UMKM hijau untuk mendorong pengembangan produk UMKM yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Penyelenggaraan KKI 2023 juga merupakan puncak selebrasi UMKM binaan Bank Indonesia berkolaborasi dengan stakeholders. Acara ini menghadirkan 1.000 UMKM yang telah berhasil naik kelas dengan terhubung dalam 3 (tiga) kategori yaitu telah masuk ke dalam ekosistem digital, terhubung dengan Lembaga Keuangan, dan masuk ke dalam kategori UMKM berorientasi ekspor. KKI 2023 diselenggarakan bersinergi dengan Kementerian/Lembaga sebagai kegiatan terpadu yang menampung digitalisasi UMKM, business matching ekspor, business matching pembiayaan, penguatan jaringan bisnis dan potensi daerah, dengan keberlanjutan lingkungan.

KKI 2023 menampilkan beragam produk wastra, kriya, kopi, serta makanan dan minuman olahan, yang disajikan dalam pameran produk UMKM yang telah lolos kurasi secara ketat baik dari UMKM Binaan dan Mitra Bank Indonesia, juga UMKM dari 6 Kementerian dan Lembaga (K/L) yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Dewan Kerajian Nasional. Pameran KKI 2023 secara fisik diikuti oleh 300 UMKM, sedangkan pameran online juga tetap dilakukan di websiteKKI dengan melibatkan lebih dari 800 UMKM dari seluruh Indonesia. (Lmg)

Sentimen: positif (100%)