Sentimen
Informasi Tambahan
BUMN: Garuda Indonesia
Kasus: covid-19, HAM
Tokoh Terkait
Garuda Indonesia Bersama Ditjen Imigrasi Hadirkan Layanan Special Lane
Gatra.com Jenis Media: Nasional
Jakarta, Gatra.com - Garuda Indonesia terus memperkuat upaya untuk meningkatkan layanannya. Kali ini, dilakukan melalui sinergi bersama Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan menghadirkan layanan jalur khusus (special lane) keimigrasian bagi penumpang Garuda.
Adapun peluncuran special lane tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dan Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI, Silmy Karim. Penandatanganan kesepakatan itu dilakukan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta pada hari ini, Kamis (30/3).
Melalui kerja sama ini, seluruh penumpang kelas first class, business class, dan anggota GarudaMiles Platinum khususnya penumpang rute internasional akan mendapatkan nilai tambah berupa seamless travel exprerience terintegrasi khususnya pada proses pre-flight dan post-flight. Melalui proses pemeriksaan imigrasi yang lebih cepat baik pada saat keberangkatan maupun ketibaan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta dan di Terminal Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Special lane di kedua bandara tersebut juga telah beroperasi mulai hari ini, Kamis (30/3).
Irfan mengatakan bahwa layanan jalur khusus ini tidak hanya merupakan upaya Garuda Indonesia untuk terus memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa. Namun juga merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia sebagai national flag carrier untuk turut berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional khususnya sektor pariwisata melalui berbagai inisiasi dan sinergi strategis bersama stakeholders pariwisata.
“Hadirnya layanan jalur khusus proses keimigrasian ini merupakan salah satu dari inisiatif berkelanjutan Garuda Indonesia sebagai national flag yang dihadirkan untuk meningkatkan kualitas seamless journey bagi pengguna jasa Garuda secara end-to-end, selaras dengan tren penerbangan yang mulai tumbuh signifikan,” katanya.
Dalam alur layanan jalur khusus tersebut, penumpang first class, business class, dan anggota GarudaMiles Platinum akan diberikan sebuah kartu penanda. Selanjutnya Passenger Service Assistance (PSA) Garuda Indonesia yang akan mengarahkan penumpang ke counter proses pemeriksaan keimigrasian khusus.
Irfan menyebut, dengan adanya kolaborasi special lane imigrasi ini diharapkan dapat menjadi sebuah improvement layanan yang semakin seamless dan menambah kenyamanan bagi masyarakat pengguna jasa maupun wisatawan mancanegara.
Silmy juga menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan perwujudan kolaborasi positif antar stakeholders dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tidak menutup kemungkinan adanya kerja sama lain, atau mungkin pengembangan layanan ke depannya.
“Ekosistem ini yang harus kita jaga dan kita bangun, agar dari sinergitas antar Lembaga ini dapat menghasilkan nilai tambah di segala sektor yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini sejalan dengan salah satu fungsi Imigrasi yaitu fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat,” ujar Silmy.
Silmy berharap penandatangan kerja sama ini mampu menarik lebih banyak orang asing yang berkualitas untuk berkunjung ke Indonesia. Sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian bangsa pascapandemi Covid-19.
“Kami Bersama Garuda Indonesia juga akan mensosialisasikan berbagai macam visa yang kami sediakan untuk orang asing, mulai dari Visa kunjungan wisata, electronic Visa on Arrival, Visa pra-investasi, dan dalam waktu dekat akan kami luncurkan Golden Visa yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh orang asing yang berkualitas,” ucapnya.
9
Sentimen: positif (99.9%)