Sentimen
Positif (99%)
27 Feb 2023 : 17.08
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Tangerang, Cimahi, Bogor, Malang, Madiun, Denpasar

Kasus: covid-19

Tokoh Terkait

Kota Malang Raih Penghargaan Best Smart Branding

27 Feb 2023 : 17.08 Views 4

Beritajatim.com Beritajatim.com Jenis Media: Politik

Kota Malang Raih Penghargaan Best Smart Branding

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meraih prestasi di ajang Indonesian Smart Nation Awards (ISNA) 2022. Mereka menerima penghargaan kategori Best Smart Branding kategori kota dalam gelaran ISNA ke-5, di ICE BSD Tangerang, Kamis (17/11/2022) kemarin.

“Kami ucapkan terima kasih, penghargaan bagi kami adalah pemacu untuk mendorong agar lebih maju. Inovasi bagi kami menjadi keharusan karena dunia terus berkembang. Tuntutan masyarakat terus menuntut kita untuk smart dan inovatif,” kata Wali Kota Malang, Sutiaji, Jumat, (18/11/2022).

Sutiaji mengungkapkan, enam komponen smart city yaitu Smart Governance, Smart Economy, Smart Living, Smart Environment, Smart Society dan Smart Branding menjadi poin penting dalam mewujudkan smart city.

Langkah Pemkot Malang untuk mewujudkan wilayahnya sebagai smart city, salah satunya ditekankan terkait pariwisata. Langkah ini dijalankan dengan pengembangan Kota Malang sebagai Malang Heritage Tourism dari segi smart branding.

“Kota Malang telah memiliki perencanaan induk kota cerdas yang telah ditetapkan dalam peraturan Kepala Daerah. Di mana lebih dari 50 persen program di masing-masing enam komponen smart city tersebut berjalan sesuai rencana yang telah disusun. Misalnya, dalam dimensi smart branding salah satu programnya melalui Malang Heritage Tourism yaitu Kayutangan Heritage,” ujar Sutiaji.

Sementara itu, CEO Citiasia, Inc. Fitrah R. Kautsar, menyampaikan ada 29 daerah dari 514 Kabupaten Kota se-Indonesia turut mendapatkan anugerah dalam ISNA 2022 dengan berbagai kategori. Kota Malang mendapat penghargaan Best Smart Branding bersama dengan Kota Makassar, Kota Bogor, Kota Denpasar, Kota Madiun, dan Kota Cimahi.

“Penghargaan ini diberikan berdasarkan riset komprehensif yang dilakukan menggunakan data 2020-2022, dari berbagai data primer yaitu survei masyarakat dan survei pemerintah daerah. Data tersebut dilengkapi dengan analisis dari hasil Innovation Government Awards (IGA), Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP), dan analisis Masterplan Smart City kabupaten kota,” paparnya.

ISNA 2022 yang digelar secara luring mengangkat tema pemulihan paska-pandemi Covid-19. ISNA merupakan acara dwi tahunan sejak 2015 yang ditujukan untuk memberikan penghargaan yang diberikan kepada kota kabupaten yang inovasinya memberikan dampak secara luas kepada masyarakat diantaranya pada sektor dan aspek pariwisata, perbaikan iklim usaha, ekonomi kreatif, pengembangan UMKM, serta ekonomi digital.

“Adapun parameter yang digunakan dalam penilaian antara lain adalah terkait Pasca Implementasi (Manfaat, Keberlanjutan, Akuntabilitas), Implementasi (Pembiayaan, Kemitraan/Kolaborasi, Adopsi Teknologi), Perencanaan (Kesesuaian dengan dokumen perencanaan), serta Profil Inovasi (Kreativitas dan Keunikan),” tandasnya. [luc/beq]

Sentimen: positif (99.9%)