Sentimen
Prabowo Paling Aktif Iklan di Facebook, Anggaran Diperkirakan Rp1,47 Miliar
Fin.co.id Jenis Media: Nasional
Reporter: Khanif Lutfi|
Editor: Khanif Lutfi|
Rabu 08-02-2023,20:37 WIBMenteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi saat berada di dalam MRT. --Istimewa
Prabowo Paling Aktif Iklan di Facebook - Direktur Eksekutif The Strategic Research and Consulting (TSRC) Yayan Hidayat mengungkapkan lima besar bakal calon presiden aktif berkampanye di media sosial jelang Pemilu 2024.
"Riset pemantauan marketing politik bakal calon presiden Pemilu 2024 di media sosial pada 7 Desember 2022 hingga 7 Februari 2023," katanya, Rabu 8 Februari 2023.
BACA JUGA:Prabowo-Muhaimin Segera Bertemu, Bahas Capres-Cawapres Pilpres 2024
Dia menjelaskan temuan riset itu mencatat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan kandidat yang paling aktif melakukan belanja iklan di Facebook selama tiga bulan terakhir.
Diperkirakan anggaran yang dikeluarkan Prabowo mencapai Rp1,47 miliar.
Kemudian disusul Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto yang mengeluarkan anggaran hingga Rp647 juta.
Selanjutnya Ketua DPR RI sekaligus politikus PDI Perjuangan Puan Maharani mengeluarkan anggaran kampanye sebesar Rp223 juta.
BACA JUGA:Cak Imin Ajak Golkar Koalisi, Prabowo: Koalisi Gerindra-PKB Terbuka buat Parpol Lain
Selain itu, Gubernur Jawa Tengah sekaligus politisi PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dengan anggaran iklan sekitar Rp147 juta.
Terdapat pula mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus bacapres Partai Nasdem Anies Baswedan dengan perkiraan anggaran iklan Rp2,5 juta.
Yayan menjelaskan dalam rentang 90 hari terakhir terhitung dari Desember 2022 hingga Februari 2023, tim TSRC mengumpulkan data pengeluaran iklan dari berbagai kandidat bakal calon presiden yang bersumber dari Facebook Ads Library.
Facebook Ads Library adalah fitur yang memungkinkan publik melihat semua iklan yang di-posting di Facebook, Instagram, Facebook Messenger, dan Audience Network.
BACA JUGA:Perjanjian Anies dan Prabowo Soal Capres, PKS: Kami Tak Ikut Campur, Sandiaga Buka Saja Isi Perjanjiannya
Baseline data ini digunakan untuk memotret data estimasi jumlah pengeluaran iklan yang telah dibayarkan oleh beberapa tokoh bakal calon presiden selama 90 hari terakhir.
Sumber:
Sentimen: netral (76.2%)