Perbaiki Pelayanan, Dirjen Imigrasi Tegaskan 4 Amanat Jokowi
Jawapos.com Jenis Media: Nasional
JawaPos.com – Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim menegaskan bahwa ada empat amanat dari Presiden RI Joko Widodo yang harus diterapkan untuk memperbaiki pelayanan imigrasi di Indonesia. Hal ini ia sampaikan saat melakukan kunjungan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, Rabu (1/2) pagi.
Yang pertama adalah pelayanan yang cepat dan bersih. “Apa pun sekarang cepat. Hal-hal yang membuat (pelayanan, Red) lama, gugurkan,” ujar Silmy dalam keterangan yang diterima.
Silmy melanjutkan, layanan yang cepat juga berhubungan dengan amanat kedua, yaitu digitalisasi di mana proses akan di-online-kan cepat atau lambat. Terkait hal tersebut, Silmy berpesan bahwa kebiasaan pengawasan yang dilakukan harus didorong agar tidak kaget dengan perubahan yang ada.
“Ketika kita mempermudah proses, artinya pengawasan dan intelijen harus didorong untuk antisipasi,” ucap Silmy.
Amanat ketiga adalah terkait review struktur organisasi, SOP, serta proses bisnis di internal organisasi.
Silmy berpesan kepada para jajarannya untuk fokus pada birokrasi yang mempermudah dan mempercepat. “Jangan menghambat atau membuat sulit pemohon,” tegasnya.
Amanat terakhir berkaitan dengan penerbitan visa yang menarik pelintas yang berkualitas atau yang disebut dengan Golden Visa.
“Imigrasi harus menjadi bagian yang membantu mendukung atau sebagai fasilitator pertumbuhan ekonomi
Indonesia yang lebih baik,” pesannya.
Silmy juga memberikan masukan agar desain kantor baru bagi Kantor Imigrasi Jakarta Utara nantinya untuk memperhatikan layout disesuaikan karekteristik lingkungan dan pemohon di wilayah Jakarta Utara.
“Yang paling mengerti kondisi adalah yang di lapangan, jadi harus proaktif untuk mendengarkan” tutup Silmy
Sentimen: positif (95.5%)