Sentimen
Informasi Tambahan
Brand/Merek: Apple
Kasus: PHK
Partai Terkait
Tokoh Terkait
Saham Meta Akhirnya Merangkak Naik, Mark Zuckerberg Rupanya Janjikan Ini ke Investor! Kamis, 02/02/2023, 15:05 WIB
Wartaekonomi.co.id Jenis Media: News
Selama bertahun-tahun, Facebook dan CEO-nya Mark Zuckerberg banyak berinvestasi dalam pertumbuhan, termasuk di bidang-bidang seperti realitas virtual dengan potensi yang belum terbukti. Tetapi setelah tahun yang brutal di mana perusahaan kehilangan lebih dari USD600 miliar (Rp8.933 triliun) nilai pasar, Zuckerberg mulai menjanjikan sesuatu.
Induk Facebook Meta pada hari Rabu membukukan penurunan pendapatan kuartalan ketiga berturut-turut dan penurunan tajam laba selama tiga bulan terakhir tahun 2022. Perusahaan menghadapi ketidakpastian ekonomi yang lebih luas, meningkatkan persaingan di pasar media sosial dan menimbulkan biaya signifikan dari putaran baru-baru ini. PHK.
Namun perusahaan tetap mengungguli ekspektasi analis Wall Street untuk penjualan. Selain itu, Meta berjanji untuk fokus pada efisiensi, dan menurunkan perkiraan belanja modal di tahun depan serta mengumumkan rencana untuk meningkatkan rencana pembelian kembali saham sebesar USD40 miliar (Rp595 triliun).
Baca Juga: Mark Zuckerberg Masih Belum Tobat soal Metaverse, Padahal Udah Rugi Rp203 Triliun
Semua itu membantu mengirim saham Meta naik hampir 20% setelah jam perdagangan Rabu.
"Tema manajemen kami untuk tahun 2023 adalah 'Tahun Efisiensi' dan kami fokus untuk menjadi organisasi yang lebih kuat dan gesit," kata Zuckerberg dalam sebuah pernyataan dengan hasil pendapatan, mengutip CNN Business di Jakarta, Kamis (2/2/23).
Meta melaporkan pendapatan hampir USD32,2 miliar untuk kuartal tersebut, turun 4% dari tahun sebelumnya tetapi di atas proyeksi analis USD31,5 miliar. Laba bersih kuartalan raksasa media sosial itu hanya sekitar USD4,7 miliar, turun 55% dari periode yang sama di tahun sebelumnya dan di bawah ekspektasi analis.
Meta mengumumkan rencana untuk memberhentikan sekitar 11.000 karyawan pada bulan November. Perusahaan juga saat ini memiliki pembekuan perekrutan yang luas dan berencana untuk membatasi perekrutan sepanjang tahun, ujar CFO Meta Susan Li mengatakan kepada analis.
Dalam laporan pendapatannya, Meta mengatakan telah memangkas pedoman untuk belanja modal untuk tahun 2023 turun sedikit menjadi antara USD30 miliar dan USD33 miliar, mengutip rencana untuk pengeluaran konstruksi pusat data yang lebih rendah.
Ia juga menambahkan bahwa sebagian besar pengeluaran modal terus mendukung Family of Apps, sebuah istilah yang mengacu pada Facebook, Instagram, dan WhatsApp, dalam upaya untuk meyakinkan investor yang skeptis terhadap rencananya untuk memusatkan model bisnisnya di masa depan. versi internet yang disebutnya metaverse.
Untuk kuartal pertama tahun 2023, Meta mengharapkan pendapatan antara USD26 dan USD28,5 miliar, ujung atas yang akan mewakili peningkatan dari kuartal tahun lalu dan akan mematahkan rekor penurunan pendapatan kuartalan berturut-turut Meta.
Panduannya agak lebih baik daripada Snapchat awal minggu ini, yang mengatakan mengharapkan pendapatan kuartal pertama turun antara 2% dan 10% dibandingkan tahun sebelumnya.
Zuckerberg menjelaskan fokus pada efisiensi selama panggilan analis dengan mengakui bahwa selama 18 tahun pertama sejarah perusahaan, pendapatannya tumbuh tajam setiap tahun.
“Dan kemudian jelas itu berubah sangat dramatis pada tahun 2022, di mana pendapatan kami mengalami pertumbuhan negatif untuk pertama kalinya dalam sejarah perusahaan… dan kami tidak mengantisipasi itu akan berlanjut tetapi saya tidak berpikir itu akan kembali ke seperti sebelumnya,” ujar Zuckerberg.
"Jadi saya pikir ini adalah perubahan fase yang cukup cepat di sana yang saya pikir hanya memaksa kita untuk mundur selangkah dan berkata, oke, kita tidak bisa memperlakukan semuanya seperti hiper-pertumbuhan."
Meski demikian, Zuckerberg menambahkan bahwa dia berpikir perubahan pola pikir sebenarnya membuat kita lebih baik.
Jumlah pengguna Meta juga menandai titik terang dari laporan hari Rabu. Facebook kini memiliki 2 miliar pengguna aktif harian, dan keluarga aplikasi Meta menumbuhkan orang aktif hariannya sebesar 5% dari tahun ke tahun menjadi 2,96 miliar, tanda selamat datang bagi perusahaan menyusul kekhawatiran tentang pertumbuhan pengguna yang stagnan tahun lalu.
Bisnis periklanan inti perusahaan turun lebih dari 4% menjadi hampir USD31,3 miliar. Namun, harga rata-rata per iklan Meta turun 22% dari tahun ke tahun selama kuartal Desember, dan 16% secara keseluruhan pada tahun 2022, karena perusahaan bergulat dengan perubahan pelacakan aplikasi Apple dan meningkatnya persaingan dari perusahaan seperti TikTok.
Perusahaan juga kehilangan total lebih dari USD13,7 miliar di unit "Lab Realitas" yang menampung upaya metaverse-nya. Pendapatan Reality Labs kuartal keempat turun 17% menjadi USD727 juta, karena penjualan headset Quest 2 yang lebih rendah, kata perusahaan.
Baca Juga: Alasan Demokrat Dukung Anies karena Antitesis Jokowi, Yusuf Dumdum: Jokowi Kerja Keras, Abas Ahli Retorika
Sentimen: negatif (66.5%)