Sentimen
Netral (96%)
31 Jan 2023 : 13.31
Informasi Tambahan

Kab/Kota: bandung

Tokoh Terkait

Tips dan Cara Melamar Kerja Online yang Bikin Kamu Dilirik HRD

31 Jan 2023 : 13.31 Views 1

Prfmnews.id Prfmnews.id Jenis Media: Nasional

Tips dan Cara Melamar Kerja Online yang Bikin Kamu Dilirik HRD

PRFMNEWS - Setiap tahunnya selalu ada lulusan baru atau lebih dikenal dengan fresh graduate. Para fresh graduate ini bersaing untuk melamar pekerjaan impian sesuai dengan jurusan yang dipilih semasa sekolah atau kuliah.

Melamar pekerjaan adalah proses formal yang dilakukan kandidat dengan mengirimkan dokumen melamar kerja ke perusahaan.

Dokumen atau surat melamar kerja biasanya berisi riwayat pendidikan atau pekerjaan, surat lamaran kerja, portofolio dan dokumen administrasi lainnya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, cara melamar pekerjaan pun berubah dan semakin efektif. Kandidat tidak perlu lagi mengirim dokumen fisik melalui pos, melainkan bisa melamar kerja secara online lewat email maupun WhatsApp.

Baca Juga: Berikut Langkah Mudah Buat SKCK Secara Online, Diperlukan untuk Melamar Kerja Hingga Buat Paspor

Kali ini PRFMNEWS akan membahas mengenai tips persiapan melamar kerja dan cara melamar kerja online supaya CV kamu bisa langsung dilirik oleh HRD. Penasaran? Simak kelanjutan artikel ini ya. Keep scrolling down!

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melamar Kerja

1. Siapkan CV Terbaru

Curriculum Vitae (CV) atau resume merupakan sesuatu krusial ketika kamu ingin melamar kerja. Baik online atau offline, CV merupakan “benda” pertama yang dilihat oleh HRD. Menurut riset, HRD membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk membaca CV para kandidat.

Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan CV terbaru berisi pengalaman kerja secara singkat yang dijelaskan dalam summary.

Lalu, apakah CV terbaru saja cukup? Jawabannya belum tentu. Curriculum vitae terbaru atau terupdate mengenai pengalaman kamu akan memberikan value atau nilai tambah di mata HRD. Namun, semuanya tergantung bagaimana kamu mengemas dan menjelaskan pengalaman tersebut semenarik mungkin.

Nah, khusus kamu yang ingin melamar kerja secara online, gunakanlah CV ATS-friendly. CV ATS-friendly merupakan resume yang dibuat sesuai dengan format application tracking system.

Format CV seperti ini akan memudahkan software dalam menyeleksi kandidat sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan. Ketika kamu melamar kerja secara online, mungkin ada ribuan hingga puluhan ribu kandidat lain yang juga melamar pada posisi yang sama.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Nasi Kuning yang Enak di Bandung, Ngeunah Pisan!

2. Buat Cover Letter dan Portfolio

Disamping adanya CV, beberapa lamaran membutuhkan cover letter serta portfolio. Apa itu cover letter? Cover letter adalah dokumen berupa surat pengantar yang dikirim bersamaan dengan CV.

Di dalam cover letter biasanya menjelaskan mengenai minat, keterampilan, dan alasan kamu melamar posisi tersebut.

Seseorang yang menggunakan cover letter saat melamar kerja punya nilai plus, loh, di mata HRD! Dengan mengirimkan cover letter, kamu menunjukkan profesionalitas dan keseriusan dalam melamar pekerjaan.

Selain cover letter, ada juga portfolio untuk dilampirkan ketika kamu melamar pekerjaan. Portfolio merupakan kumpulan hasil kerja atau karya yang pernah kamu buat. Adanya portfolio dapat memperlihatkan kebolehan kamu dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan posisi yang dilamar. Sebagai contoh, seorang Graphic Designer biasanya memiliki portfolio berisi gambar-gambar yang mereka buat baik semasa kuliah, magang, atau bekerja.

3. Lakukan Riset Perusahaan

Melamar kerja gak boleh asal! Sebelum memutuskan melamar kerja ke dalam perusahaan, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu.

Selain untuk persiapan sebelum melaju ke tahap wawancara, riset perusahaan dapat membantu kamu menemukan informasi hingga kecocokan di perusahaan tersebut agar mampu terus berkembang.

Riset dapat menghindari kamu dari lowongan penipuan yang marak terjadi saat ini.

Baca Juga: Pemprov Jabar Hadirkan Rumah Singgah Bagi Pasien yang Berobat di Kota Bandung, Simak Persyaratannya

4. Cek Lowongan Tersedia

Tentu saja sebelum kamu melamar pekerjaan, perlu mengecek terlebih dahulu adakah lowongan tersedia pada perusahaan yang diincar? Selain melihat dari perusahaan, kamu pun bisa melihat posisi yang diinginkan.

Jangan lupa untuk senantiasa membaca persyaratan dan deskripsi pekerjaan yang tertera pada lowongan. Pastikan kualifikasi yang kamu miliki sesuai dengan persyaratan tertulis.

Lihat juga apakah deskripsi pekerjaan sesuai dengan apa yang kamu inginkan agar nantinya lebih mudah ketika beradaptasi.

5. Jangan Terpaut pada Satu Lowongan

Satu lowongan pekerjaan mungkin punya ratusan hingga ribuan kandidat. Mengharapkan satu lowongan pekerjaan dari satu perusahaan saja akan membuat kamu merugi.

Tidak ada yang tahu berapa besar potensi kamu diterima ketika melamar sebuah pekerjaan. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki banyak opsi lowongan pekerjaan serupa.

Hal yang perlu dilakukan ialah dengan “menebar jaring” ke banyak tempat. Artinya, kamu perlu melamar dan menaruh CV ke beberapa perusahaan sekaligus dalam satu waktu.

Baca Juga: Mendag Pastikan MinyakKita Bakal Tersedia Lagi di Pasar: Dekati Puasa dan Lebaran Sudah Normal Lagi

Cara Melamar Kerja Online

1. Melamar Kerja Lewat Situs Perusahaan

Rata-rata perusahaan sudah memiliki website perusahaan, khususnya bagi perusahaan yang bergerak di teknologi digital. Website perusahaan biasanya memuat tentang produk. Namun, kamu pun bisa melihat dan melamar pekerjaan secara langsung lewat situs web perusahaan.

Cukup scroll ke bagian bawah perusahaan, klik menu Karir. Kamu akan langsung diarahkan pada laman karir perusahaan dan dapat melihat secara langsung lowongan tersedia. Bagaimana ketika ingin melamar langsung?

Pilih lowongan yang kamu inginkan, isi data diri sesuai yang perusahaan butuhkan, upload CV, kemudian kirimkan lamaran tersebut dengan klik “submit”. Sangat mudah bukan?

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan Jabar Provinsi Toleran, Berdasarkan Data Akademis

2. Melamar Kerja Lewat Email

Hal utama yang harus dilakukan ketika ingin melamar pekerjaan lewat email ialah dengan mengetahui alamat email perusahaan atau HRD di perusahaan tersebut.

Misalnya, [email protected] merupakan contoh email perusahaan yang memang dikhususkan untuk menampung pesan lamaran pekerjaan dari para kandidat.

Langkah-langkah melamar kerja melalui email dapat kamu ikuti sebagai berikut.

1. Buka website email terlebih dahulu.

2. Pastikan alamat email kamu professional menggunakan nama lengkap.

3. Klik “Compose” atau “Buat Email”. Kemudian, isi penerima email sesuai dengan alamat email perusahaan atau HRD.

4. Masukkan subject email, misalnya “Lamaran Pekerjaan [Posisi] - Nama Lengkap” untuk memudahkan HRD mendeteksi bahwa email tersebut merupakan lamaran pekerjaan.

5. Isi “Body Email” menggunakan pesan singkat berupa perkenalan. Kamu juga bisa mengisi bagian ini menggunakan cover letter. Dengan mengisi body email, kamu akan terlihat lebih profesional di mata HRD.

6. Attach atau lampirkan dokumen sesuai kebutuhan lamaran. Utamanya dokumen ini merupakan CV. Kamu pun bisa menambahkan portfolio sebagai pelengkap.

7. Proofread, atau cek ulang! Pastikan email kamu sudah akurat, dengan bahasa yang baik dan bebas typo. Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan sudah terlampir. Saat semua aspek sudah terlihat benar, kamu bisa mengirim email lamaran kerja kamu.

8. Tahap terakhir, kamu hanya perlu klik “Send” atau “Kirim”. Pastikan lamaran yang kamu kirim berada dalam jam kerja, yakni Senin - Jumat pukul 08.00 - 17.00 ya!

Baca Juga: Menpora Sebut Pemerintah Tidak Bisa Intervensi Kelanjutan Liga 2, Hanya Mampu Memfasilitasi

3. Melamar Kerja Lewat Aplikasi Online

Melalui aplikasi lowongan kerja, kamu bisa mendaftar ke beberapa perusahaan sekaligus. Cara melamar kerja online melalui aplikasi pun sangat mudah untuk dilakukan, ikuti langkah berikut ini.

1. Buka laman situs web lowongan kerja online yang diinginkan.

2. Klik “Login” jika sudah punya akun atau “Register” bagi kamu pengguna baru.

3. Isi data diri seperti Nama Lengkap, Alamat, Riwayat Pendidikan, Riwayat Pekerjaan, CV, dan lain-lain. Klik “Simpan”.

4. Cari lowongan kerja berdasarkan posisi yang kamu minati. Klik lowongan tersebut kemudian pilih “Lamar Pekerjaan atau Apply”.

5. Klik “Selesai”. Kamu bisa mengecek status lamaranmu pada menu notifikasi.***

Sentimen: netral (96.2%)