Sentimen
Masalah Absensi Karyawan di Perusahaan dan Cara Mengatasinya
Infosurabaya.id Jenis Media: News
Infosurabaya.com – Masalah Absensi Kehadiran karyawan merupakan salah satu hal yang perlu dipantau dan dicatat oleh perusahaan. Pencatatan ini menjadi sangat penting karena kehadiran karyawan menentukan aspek lainnya dalam manajemen SDM, yaitu penggajian dan penilaian kinerja.
Dengan data kehadiran, perusahaan dapat menentukan gaji karyawan. Apabila karyawan tidak hadir, tentu saja karyawan tidak akan mendapatkan gajinya. Selain itu, data kehadiran juga digunakan untuk penilaian kinerja. Seorang karyawan tentu akan mendapatkan penilaian yang baik apabila ia selalu hadir di kantor tepat waktu.
Meskipun pencatatan absensi karyawan itu penting, sering kali pelaksanaannya menemui masalah. Masalah absensi karyawan yang biasa ditemui di perusahaan itu bisa Anda baca di ulasan berikut ini.
Masalah Absensi KaryawanSayangnya, masih banyak perusahaan yang menemui masalah dalam melakukan pencatatan kehadiran karyawan. Berikut ini adalah masalah yang umum ditemui dalam absensi karyawan di perusahaan:
Kesalahan Data
Masalah yang pertama adalah adanya kesalahan data. Misalnya, kehadiran karyawan tidak tercatat atau justru terdapat kekeliruan dalam pencatatan.
Hal ini dapat terjadi jika perusahaan masih menggunakan cara manual dalam absensi karyawan, bukannya menggunakan aplikasi absensi. Jika menggunakan cara manual, karyawan yang mengelola absensi bisa mengalami kekeliruan atau kesalahan karena data absensi yang perlu dikelola ada banyak.
Kecurangan Absensi
Jangan salah, banyak karyawan yang tak segan berbuat curang dalam melakukan pencatatan kehadiran. Hal ini bisa dilakukan pada sistem absensi manual seperti absen ceklok atau absen via Microsoft Excel.
Contoh kasusnya misalnya karyawan menyuruh orang lain untuk melakukan absen ceklok meskipun karyawan yang bersangkutan belum berada di kantor. Selain itu, karyawan juga bisa memalsukan absensi dengan mengisi waktu kehadiran yang lebih awal pada Microsoft Excel.
Mesin Absensi Tidak Bekerja
Beberapa perusahaan menerapkan sistem absensi dengan mesin fingerprint atau sidik jari. Meskipun sudah cukup modern, ternyata mesin absensi ini sering kali menemui masalah. Misalnya, sidik jari tidak terbaca atau mesin mengalami hang.
Hal itu tentu menyusahkan absensi karyawan. Sebab, dengan demikian kehadiran karyawan tidak akan tercatat.
Tidak Bisa Mencatat Kehadiran Karyawan WFH
Sama seperti karyawan yang bekerja di kantor, karyawan work from home atau mereka yang bekerja dari rumah juga perlu dicatat kehadirannya. Namun, hal tersebut tidak dapat diakomodir oleh perusahaan jika mereka menggunakan sistem absensi manual yang memerlukan kehadiran fisik di kantor.
Produktivitas Menurun
Biasanya, absensi karyawan akan dikelola oleh HR. Pengelolaan ini meliputi pengumpulan data hingga analisis untuk bahan penilaian kinerja dan penentuan penggajian.
Namun, beberapa perusahaan menemukan kendala berupa penurunan produktivitas dalam pengelolaan absensi tersebut. Ini karena data absensi yang dimiliki begitu banyak sehingga menyulitkan HR dalam memantau dan menganalisisnya.
Hal itu pun membuat waktu yang dimiliki HR menjadi terbuang percuma. Alih-alih bekerja untuk hal yang lebih strategis, HR malah menghabiskan waktunya untuk mengatur data-data absensi.
Cara Mengatasi Masalah Absensi KaryawanMasalah pada absensi karyawan bisa menganggu produktivitas dan operasional perusahaan. Oleh karena itu, masalah tersebut harus diatasi.
Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah absensi karyawan adalah menggunakan aplikasi absensi. Dengan aplikasi, kehadiran karyawan dapat dicatat dengan lebih mudah dan cepat.
Tak hanya mudah dan cepat, penggunaan aplikasi absensi juga akurat dan aman dari kecurangan. Ini karena aplikasi absensi menggunakan fitur face recognition dan fingerprint. Sehingga, pencatatan kehadiran tidak bisa diwakilkan oleh karyawan lain.
Selain itu, aplikasi absensi juga bisa digunakan oleh karyawan yang bekerja dari rumah. Dengan demikian, pemantauan kehadiran dan kinerja karyawan WFH bisa dilakukan dengan mudah oleh perusahaan.
Belum lagi, aplikasi absensi juga membuat karyawan tidak perlu menganalisis data dengan sulit. Ini karena pengumpulan dan analisis data absensi karyawan bisa dilakukan dengan otomatis.
Untuk mendapatkan kemudahan tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi absensi LinovHR. Jika tertarik, Anda bisa menjadwalkan demo aplikasi dengan mendaftar di situs resminya.
👆🏽PROMO GRATIS👆🏽Sentimen: positif (93.4%)