Langkah KAI Atas Iklan Surat Sakit yang Jadi Kontroversi
Detik.com Jenis Media: News
Viral di media sosial unggahan yang menampilkan iklan di kereta rangkaian listrik (KRL) bertulisan 'dapatkan surat sakit online hanya 15 menit'. KAI Commuter pun mengambil langkah atas iklan yang bikin heboh jagad maya itu.
"Untuk iklan produk tersebut, KAI Commuter akan memberikan waktu kepada manajemen PT Cepat Sehat Indonesia agar mengganti materi atau konten iklan yang saat ini terpasang dengan materi atau konten baru yang lebih edukatif," kata Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, dalam keterangan tertulis, Minggu (25/12/2022).
Anne mengatakan permintaan tersebut disampaikan KAI Commuter setelah berkoordinasi dengan pihak brand. KAI Commuter mendapatkan penjelasan bahwa surat sakit online tersebut didapat setelah sejumlah prosedur dilalui oleh pihak yang mengajukan.
"Apabila semua prosedur telah dilalui dan dinyatakan sesuai, maka surat sakit online tersebut baru dikeluarkan oleh dokter resmi dari manajemen PT Cepat Sehat Indonesia," ujar dia.
Lebih lanjut, KAI Commuter menyampaikan apresiasi kepedulian publik terhadap pelayanan fasilitas kesehatan yang sesuai dengan peraturan dan kode etik profesi. Anne menegaskan komitmen KAI Commuter untuk memberikan pelayanan terbaik.
"Bahwasanya kami melihat ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama pengguna commuterline," ujar Anne.
KAI Commuter juga menyampaikan permintaan maaf. Anne menyebut KAI akan melakukan kerja sama iklan dengan kreatif dan edukatif.
"KAI Commuter mohon maaf atas ketidaknyamannya, semoga ke depannya KAI Commuter dan mitra yang bekerja sama untuk promosi di Commuterline khususnya iklan. Tentunya iklan yang tidak hanya kreatif namun juga edukatif," sambung dia.
Viral Iklan Surat Sakit
Diketahui, sebuah unggahan di media sosial Twitter menampilkan iklan di KRL Commuter bernarasi membuat surat sakit secara online. Dalam unggahan tersebut juga terlihat foto bertulisan 'dapatkan surat sakit online hanya 15 menit'.
Akun Twitter KS Denta, yang dalam biodatanya menuliskan dokter anak, mengunggah iklan tersebut. Dalam unggahannya juga ditampilkan website penyedia jasa layanan pembuatan surat sakitnya. Salah satu gambarnya menampilkan contoh format surat sakit itu.
"Iklan di KRL pagi ini, full branding tawaran untuk dapet surat sakit secara online. Huehuehue. Berani bener dokter-dokter yang mau bermitra di sini," tulis Denta dalam unggahannya di Twitter.
Selengkapnya pada halaman berikut.
Sentimen: positif (88.9%)