Sentimen
Positif (100%)
21 Des 2022 : 20.49
Tokoh Terkait

Kementerian BUMN Gelar UMKM Pasar Malam Rakyat di Karo

21 Des 2022 : 20.49 Views 1

Sumutpos.co Sumutpos.co Jenis Media: News

Kementerian BUMN Gelar UMKM Pasar Malam Rakyat di Karo

KARO, SUMUTPOS.CO – Berkolaborasi dengan Karo Terang Festival 2022, Kementerian BUMN, Yayasan BUMN Untuk Indonesia menggelar UMKM Pasar Malam Rakyat di Bumi Turang. Kegiatan yang diikuti 25 stand pelaku UMKM andalan Karo ini berlangsung selama dua hari di halaman Gedung DPRD Karo, Rabu dan Kamis (21-22/12/2022).

Mewakili Menteri BUMN Erick Tohir, Fauzan selaku Asisten Direktur Yayasan BUMN Untuk Indonesia mengapresiasi Pemkab dan Forkopimda Karo, warga serta pelaku UMKM yang hadir. “Sebelumnya ijinkan saya menyampaikan salam dari Menteri BUMN Bapak Erick Tohir dan Ketua Yayasan BUMN untuk Indonesia Bapak Harjawan Balaningrath yang tidak dapat mengadiri acara ini, dikarenakan adanya agenda yang berbarengan kegiatannya di daerah lain,” kata Fauzan mengawali sambutannya didampingi Ketua Panitia Karo Terang Festival 2022 Pt.Em.Amos Tarigan.

Kementerian BUMN dan Yayasan BUMN Untuk Indonesia menyambut baik terselenggaranya kegiatan Pasar Malam UMKM dalam Karo Terang Festival 2022 ini. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya menjadi simbol silaturahmi antara seluruh Pemerintah Daerah dan pelaku UMKM Kabupaten Karo, namun kegiatan ini telah menjadi bukti nyata keseriusan seluruh elemen pemerintah untuk mendorong kemajuan ekonomi masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Karo.

Kegiatan yang menjadi wadah untuk UMKM yanh melibatkan 25 Pelaku UMKM Kabupaten Karo. “Kita berharap kegiatan ini dapat menularkan semangat untuk masyarakat lain agar mau dan mampu untuk berwirausaha,” tegasnya. Dipaparkan Fauzan, bentuk pelayanan Kementerian BUMN ke masyarakat tidak akan berhenti sampai disitu saja.

Karena untuk mendukung pelaku UMKM, pihaknya juga memiliki program Rumah BUMN yang diharapkan mampu mengembangkan UMKM untuk Go Modern, Go Digital, Go Online dan UMKM Naik Kelas. Hingga hari ini Kementerian BUMN telah mendirikan 229 Rumah BUMN yang tersebar diseluruh Indonesia dan untuk mendukung secara khusus Kabupaten Karo, pada Bulan Juni Tahun 2019 kami telah mendirikan Rumah BUMN Kabanjahe.
Dalam 3.5 tahun beroperasi, Rumah BUMN Kabanjahe telah mengelola 332 UMKM, dimana seluruhnya telah Go Modern dan Go Digital, dan saat ini terdapat 204 UMKM yang telah Go Online.

“Melalui kegiatan ini, besar harapan kami angka tersebut dapat terus berkembang dan mencerminkan semangat masyarakat Kabupaten Karo untuk berwirausaha. Sehingga masyarakat Kabupaten Karo berubah dari segmen konsumen menjadi produsen dan memberikan jawaban akan kebutuhan lapangan pekerjaan, dan menjadi katalisator untuk pertumbuhan pendapatan daerah,” tandasnya.

Hal senada juga dikatakan Amos Tarigan. Dikatakannya, Forum Cinta Tanah Tanah Karo tahun ini berinisiasi untuk melaksanakan acara Karo Terang Festival, yaitu Lomba Menghias Natal mulai dari Penatapen sampai Kabanjahe.

Karo Terang Festival merupakan kelanjutan kegiatan yang bertujuan untuk memeriahkan aksi sosial dan mendukung pariwisata di Kabupaten Karo. Karena itu Pt.Em.Amos Tarigan juga mengucapkan terimakasih atas dukungan Pemkab Karo, Forkopimda Karo, serta semua yang terlibat. “Kuta berharap kegiatan ini terus berkelanjutan untuk mendukung dan memajukan UMKM Kabupaten Karo,” katanya.

Bupati Karo Cory S Sebayang dalam sambutannya juga mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan tersebut. Selain sebagai wadah mempromosikan produk UMKM ungggulan Karo, kegiatan ini juga diharapkan mampu membangkitkan semangat pelaku UMKM. Cory juga mengajak warga Kabupaten Karo lebih semangat dan berani berwirausaha.

Dalam acara ini, pihak Karo Terang Festival 2022 dan Kementerian BUMN, Yayasan BUMN Untuk Indonesia juga menyerahkan bantuan beras dan uang tunai kepada 5 yayasan di Kabupaten Karo, termasuk Yayasan Alfa Omega. Diakhir pembukaan kegiatan, Bupati Karo, Forkopimda Karo serta Anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara, Badikenita Putri Sitepu yang turut hadir mengecek stand-stand UMKM dan membeli produk-produk unggulan mereka. (deo/ila)

Sentimen: positif (100%)