Sentimen
Negatif (88%)
14 Nov 2022 : 05.45
Informasi Tambahan

Kab/Kota: bandung

Kasus: PHK

Cara Mengundurkan Diri dari Pekerjaan beserta Alasannya, Simak juga Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

14 Nov 2022 : 12.45 Views 1

Ayobandung.com Ayobandung.com Jenis Media: Nasional

Cara Mengundurkan Diri dari Pekerjaan beserta Alasannya, Simak juga Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

LENGKONG – AYOBANDUNG.COM – Berikut cara mengundurkan diri dari pekerjaan yang baik dan sopan beserta alasan dan cara membuat surat pengunduran diri.

Sebelum kalian mengundurkan diri dari pekerjaan, sebaiknya persiapkan dahulu alasan yang kuat agar kalian sudah matang dengan jawaban ketika perusahaan mempertanyakan keputusan pengunduran diri.

Mengundurkan diri dari pekerjaan merupakan hak setiap karyawan atau pekerja. Seseorang dapat mengundurkan diri ketika dirasa menemukan berbagai masalah dan faktor tertentu yang membuat tidak dapat lagi meneruskan bekerja di perusahaan.

Baca Juga: Ratusan Orang Pekerja di Kabupaten Bandung Terkena PHK

Ada beberapa peraturan penting yang harus dipahami sebelum mengajukan pengunduran diri. Seperti tertuang di dalam pasal 81 ayat 42 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang membahas terkait ketentuan pekerja yang ingin mengundurkan diri dari pekerjaan di suatu perusahaan.

- Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri.

- Tidak terikat dalam ikatan dinas.

- Tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri.

Baca Juga: Akhir Damai Kasus 7 Profesor yang Mengundurkan Diri Setelah Dimediasi Rektor Unhas

- Mempersiapkan alasan pengunduran diri

Sebelum mengajukan pengunduran diri, persiapkan dahulu alasan mengapa ingin mengundurkan diri. Walaupun sebenarnya sah jika mengundurkan diri dan ingin pindah ke perusahaan lain demi mendapatkan gaji yang lebih tinggi dan karir yang lebih gemilang.

Ingin meneruskan pendidikan. Ingin membuka usaha. Ingin mencari kesempatan di tempat baru yang lebih menantang. Mendapatkan kesempatan bekerja dengan jenjang karir yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan. Pindah tempat tinggal. Fokus untuk mengurus keluarga dan anak. Cara mengundurkan diri dari pekerjaan

Baca Juga: Pendaftaran PPPK Kesehatan 2022 Masih Dibuka, Simak Jadwal dan Tahapannya, Jangan Sampai Terlewat!

Sebagai orang timur kita selalu mengedepankan adab dan etika, karena ketika kita mau masuk ke sebuah perusahaan pun kita dengan cara yang baik dan begitupun saat ingin mengundurkan diri dari pekerjaan pun harus dengan cara yang baik .

Membuat perjanjian untuk bertemu secara pribadi

Saat ingin mengajukan permohonan pengunduran diri, tidak perlu semua orang kantor perlu mengetahuinya. Pengunduran diri secara profesional sebaiknya dibicarakan dan didiskusikan secara pribadi dengan HRD ataupun atasan.

Maka dari itu, penting untuk membuat janji secara pribadi sebagai bentuk komunikasi dan diskusi dalam mengajukan pengunduran diri yang sopan dan baik.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru di Lingkungan Ibu Kota Nusantara, 27 Posisi Dibutuhkan untuk Non-PNS

Jelaskan alasan pengunduran diri

Ketika sudah membuat janji dengan atasan maupun HRD, harus juga mempersiapkan alasan-alasan untuk menceritakan penyebab kenapa ingin mengundurkan diri.

Seperti ingin menikah, ingin membuka usaha, ingin fokus kepada keluarga, ataupun mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik daripada sebelumnya.

Memberikan Informasi pengunduran diri

Memberikan informasi terkait pengunduran diri kepada perusahaan sebaiknya jangan mendadak atau dilakukan jauh-jauh hari. Beberapa perusahaan menetapkan peraturan minimal satu bulan atau tiga puluh hari sebelum ingin mengundurkan diri.

Baca Juga: Lowongan Kerja PT. Freeport Indonesia Terbaru untuk Lulusan SMA, Diploma dan S1, Cek Persyaratannya!

Umumnya kamu dapat membawa surat pengunduran diri saat bertemu dengan HRD atau atasan setelah membuat janji secara pribadi.

Terakhir, mengucapkan terima kasih merupakan hal terpenting saat pengunduran diri. Kamu dapat mengucapkan berbagai ungkapan terima kasih seperti terima kasih atas segala bimbingannya, terimakasih atas perlakuan perusahaan yang memberikan banyak ilmu dan wawasan serta pengembangan kepribadian diri. Biasanya jika kita mengungkapkan rasa terima kasih, memberikan kesan dan kenang-kenangan untuk perusahaan tempat kamu bekerja.

Baca Juga: Terbaru! Lowongan Kerja Pendamping PKH Kementerian Sosial November 2022, Cek Syarat dan Link Daftar di Sini!

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Dikutip dari Skillacademy.com berikut cara membuat surat pengunduran diri yang baik:

Tempat dan tanggal lengkap surat diserahkan. Pihak yang dituju, bisa atasan kamu atau HRD. Salam pembuka. Nama lengkap beserta alamat lengkap perusahaan. Identitas diri seperti nama lengkap, nomor induk karyawan, jabatan, departemen. Alasan pengunduran diri kerja dan tanggal pengajuan pengunduran diri. Ucapan terima kasih kepada atasan, HRD, rekan kerja serta mengucapkan maaf jika ada kesalahan selama kamu bekerja. Penutup. Nama lengkap disertai tanda tangan.

Demikian semoga dapat membantu kamu dalam proses pengunduran diri dari perusahaan ataupun dari pekerjaan.***

Sentimen: negatif (88.3%)