Sentimen
Positif (100%)
11 Nov 2022 : 19.46
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Garut, Bantul

Lewat Program Hyperlocal Tokopedia Dukung UMKM Jadi Pahlawan Ekonomi

12 Nov 2022 : 02.46 Views 1

RM.id RM.id Jenis Media: Nasional

Lewat Program Hyperlocal  Tokopedia Dukung UMKM Jadi Pahlawan Ekonomi

RM.id  Rakyat Merdeka - Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal berupaya membantu sekitar 12 juta pegiat usaha di Indonesia, yang hampir 100 persennya UMKM lokal, menjadi pahlawan ekonomi. Lewat kesuksesan usahanya, para pelaku usaha telah memberdayakan masyarakat sekitar.

Hyperlocal merupakan inisiatif Tokopedia untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang (tanpa harus pindah ke kota besar), dan pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien.

“Inisiatif Hyperlocal memiliki berbagai contoh manifestasi, seperti layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) Dilayani Tokopedia, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), kampanye PASTI (Paket Sehari Tiba) dan masih banyak lagi yang dapat dimanfaatkan oleh para pegiat lokal,” ujar Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz. Inisiatif ini juga telah mendukung tumbuh kembang UMKM lokal.

Berita Terkait : Basarah Ajak Generasi Muda Jadi Pahlawan Kebhinnekaan

Terbukti dari jumlah penjual yang memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia naik lebih dari 1,5 kali lipat selama kuartal III 2022 dibanding kuartal III 2021.

Peningkatan ini juga mendorong jumlah pembeli yang bertransaksi dengan penjual yang menggunakan layanan Dilayani Tokopedia naik lebih dari 2 kali lipat.

“Selain di Dilayani Tokopedia, kami juga melihat jumlah transaksi dan penjual yang mengikuti kampanye PASTI dan KTP masing-masing melonjak lebih dari 1,5 kali lipat,” ungkap Head of Regional Growth Expansion (RGX) Central Tokopedia, Nafisah Wulandari.

Berita Terkait : Peran PNM Di Holding Ultra Mikro Pada Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Di sisi lain, kecamatan dengan pertumbuhan transaksi tertinggi melalui Tokopedia selama kuartal III 2022 dibanding kuartal III 2021, antara lain Kutowinangun di Jawa Tengah, Eremerasa, Sanrobone, Arungkeke di Sulawesi Selatan dan Indrapuri di D.I Aceh.

Sejak bergabung di Tokopedia, Tea Heaven terus melakukan berbagai inovasi salah satunya dengan menambah variasi produk. Kini, Tea Heaven telah memiliki 100 varian teh di Tokopedia.

“Kami memberdayakan ratusan petani teh di lebih dari 20 perkebunan di seluruh Indonesia, di antaranya Bantul, Garut, Ciwidey, Padang, Bali dan masih banyak lagi,” ungkap Pemilik Tea Heaven, Devina Amelia.

Berita Terkait : Kemenag: Peran Agama dan Tokoh Dukung Kemajuan Bangsa

Sementara penjualan Bakso Damas, usaha keluarga yang dilanjutkan oleh Angga Setyawan, sempat menurun hingga 60 persen pada awal pandemi.

“Namun kondisi tersebut justru bukan penghalang. Berkat Tokopedia, omzet online kami bisa tetap naik dan berhasil mempertahankan sekitar 30 karyawan kami yang kebanyakan adalah tulang punggung keluarga,” ujar Angga.
 Selanjutnya 

Sentimen: positif (100%)