Sentimen
Positif (100%)
27 Okt 2022 : 20.39
Informasi Tambahan

Kasus: kecelakaan

BPJS Ketenagakerjaan Raih 5 Penghargaan di Forum Jaminan Sosial Dunia

28 Okt 2022 : 03.39 Views 1

Detik.com Detik.com Jenis Media: Metropolitan

BPJS Ketenagakerjaan Raih 5 Penghargaan di Forum Jaminan Sosial Dunia
Jakarta -

BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) memborong 5 penghargaan sekaligus di World Social Security Forum (WSSF). BPJAMSOSTEK dinilai berhasil mengimplementasikan berbagai inovasi yang sesuai dengan kriteria pada International Social Security Association (ISSA) guideline.

Diketahui, WSSF merupakan forum tingkat tinggi bagi seluruh institusi jaminan sosial dunia. Di ajang ini, BPJAMSOSTEK menjadi satu-satunya perwakilan di asia yang mendapatkan penghargaan terbanyak. Di antaranya The ISSA Guidelines on Communication by Social Security Administrations, The ISSA Guidelines on Good Governance, The ISSA Guidelines on Information and Communication Technology (ICT), The ISSA Guidelines on Return to Work and Reintegration, serta The ISSA Guidelines on Service Quality.

Seluruh penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden ISSA Joachim Breuer di hadapan perwakilan 320 institusi jaminan sosial yang berasal dari 152 negara.

-

-

Direktur Pelayanan Roswita Nilakurnia serta Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJAMSOSTEK Pramudya Iriawan Buntoro mengatakan capaian ini menunjukkan pihaknya serius dalam memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standar internasional.

"Penghargaan ini merupakan buah dari kerja cerdas seluruh insan BPJAMSOSTEK serta dukungan penuh dari para stakeholder. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih dan berharap raihan membanggakan ini mampu menjadi penyemangat kami untuk terus berinovasi," ungkap Roswita dalam keterangan tertulis, Kamis (27/10/2022).

Roswita menjelaskan sebagai badan hukum publik yang ditugaskan oleh perintah untuk memberikan perlindungan jaminan sosial bagi seluruh pekerja Indonesia, BPJAMSOSTEK menyadari pentingnya aspek pelayanan, teknologi informasi, komunikasi, dan tata kelola yang baik (good governance). Karena itu, dalam merumuskan seluruh kebijakan pihaknya mengadopsi standar manajemen yang akuntabel. Hal ini selaras juga dengan kebutuhan badan, serta memenuhi fungsi kontrol dalam setiap pengambilan keputusan.

Pramudya menjelaskan dalam aspek layanan, khususnya program Return To Work (RTW), BPJAMSOSTEK mendorong pengembangan jaringan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK), serta Pusat Layanan Kembali Bekerja (PLKB). Langkah ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kepastian bagi para peserta yang mengalami kecelakaan kerja untuk mendapatkan perawatan, pelatihan dan jaminan kembali bekerja.

Dikatakannya, ke depan BPJAMSOSTEK berupaya meningkatkan kinerjanya. Khususnya dalam rangka mewujudkan universal coverage dan layanan yang prima bagi seluruh pekerja Indonesia.

"Lima penghargaan ini merupakan bukti bahwa penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia telah sesuai, dan bahkan diatas standar internasional. Tentu kami akan terus berusaha lebih baik lagi dalam melindungi dan memberikan kemudahan pelayanan demi kesejahteraan seluruh pekerja," tutup Pramudya.

Sebagai informasi, dalam kesempatan tersebut BPJAMSOSTEK juga mendapatkan kehormatan untuk menjadi pembicara dan berbagi pengalaman tentang 'Social Security Coverage Solutions for The Informal Sector' serta 'Social Security and Behaviour Insight: An ISSA Framework'.

(akd/ega)

Sentimen: positif (100%)