Sentimen
Positif (100%)
26 Okt 2022 : 23.09
Informasi Tambahan

BUMN: PT Angkasa Pura I

Kab/Kota: Semarang, Surabaya, Ambon, Yogyakarta, Jayapura, Lombok, Biak, Manado

Kasus: covid-19

Top! 12 Bandara AP I Raih Penghargaan Pelayanan Prima Sektor Transportasi dari Kemenhub

26 Okt 2022 : 23.09 Views 4

RM.id RM.id Jenis Media: Nasional

Top! 12 Bandara AP I Raih Penghargaan Pelayanan Prima Sektor Transportasi dari Kemenhub

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura/AP I berhasil meraih penghargaan dalam ajang Penganugerahan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2021-2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.

Dalam acara penghargaan yang digelar pada Rabu (26/10) tersebut, sebanyak 12 bandara yang dikelola Angkasa Pura I berhasil meraih penghargaan tersebut.

Adapun bandara kelolaan Angkasa Pura I yang berhasil meraih penghargaan tersebut adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang berhasil meraih penghargaan kategori Prima Utama; Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta pada kategori Prima Madya; serta Bandara Juanda Surabaya, Bandara Internasional Lombok, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Berita Terkait : Dharma Lautan Utama Sabet Penghargaan Layanan Publik Kemenhub

Bandara Pattimura Ambon, Bandara Sentani Jayapura, dan Bandara Frans Kaisiepo Biak pada kategori Prima Pratama.

"Penghargaan yang diterima oleh 12 bandara yang kami kelola ini merupakan wujud apresiasi serta pengakuan atas komitmen dan kinerja Angkasa Pura I dalam memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Dikatakan, selama dua tahun ke belakang, Angkasa Pura I sebagai perusahaan pengelola bandara di Indonesia dihadapkan pada tantangan yang cukup sulit, yaitu pandemi global Covid-19.

Di satu sisi kata dia, Angkasa Pura I dituntut untuk dapat menghadirkan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa. Sedangkan di sisi lain, ada aturan terkait protokol kesehatan yang wajib dipatuhi.

Berita Terkait : Lewat Trans Jateng, Ganjar Ciptakan Layanan Transportasi Murah, Aman, dan Nyaman

"Integrasi layanan dengan protokol kesehatan ini menjadi hal yang sangat menantang bagi kami. Namun demikian, kami berhasil dalam menjawab tantangan ini," kata Faik Fahmi.

Penghargaan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi dilaksanakan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2018, serta terdiri dari 6 aspek penilaian.

Yaitu, aspek kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana pelayanan publik, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

Adapun sebanyak 136 unit pelayanan publik telah mengikuti proses penilaian penghargaan ini.

Berita Terkait : Jelang Hari Santri, SAS Institute Dorong Pesantren Terlibat Transformasi Energi Nasional

"Tujuan dari semua tugas kita adalah bagaimana para pengguna itu puas. Itulah yang menjadi aim dari pekerjaan kita. Bahwa bangunan yang bersih dan bagus, pelayanan yang bagus, menjadi satu tuntutan bagi kita untuk melakukan improvement dari waktu-ke waktu," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Saya atas nama Kementerian Perhubungan mengucapkan selamat kepada Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang sudah berhasil. Tentu saya bangga mendengar nama-namanya. Saya memang melihat ada effort tertentu untuk melakukannya," lanjut Menhub Budi Karya.
 Selanjutnya

Sentimen: positif (100%)