Sentimen
Tokoh Terkait
Dukung Heru Budi Aktifkan Pengaduan Warga di Balai Kota Seperti Era Ahok, Anggota DPRD: Harus Ada Solusi
Tempo.co Jenis Media: Nasional
TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria berharap pengaduan masyarakat di Pendopo Balai Kota segera ditangani dan diberi solusi. Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono kembali mengaktifkan pengaduan langsung seperti pada saat kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
“Saya rasa baik. Itu, kan pernah dilakukan oleh Ahok. Masyarakat mungkin bisa kembali langsung mengadukan permasalahannya tapi saya juga minta jangan hanya bisa ditampung, ada solusinya. Cepat solusinya kalau hanya sebatas nampung-menampung juga akhirnya, nanti numpuk masalahnya,” kata Iman kepada wartawan di gedung DPRD DKI, Selasa, 25 Oktober 2022.
Iman mengatakan ingin mengetahui mekanisme dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat tersebut. "Saya mau tau secepet apa sih itu, sebatas hanya menampung atau memang dikasih solusi,” ujar dia.
Menurut dia, waktu pelayanan pengaduan yang hanya dibuka selama satu jam, yaitu dari pukul 08.00 – 09.00 itu terlalu singkat. Dia mengusulkan posko pengaduan dibuka hingga dua jam.
Baca juga: 5 Hari Posko Pengaduan di Balai Kota Dibuka, Pemprov DKI: Warga Lebih Suka Mengadu Langsung
“Kita ambil yang positifnya aja lah. Harapan saya, solusinya karena masyarakat punya ekspektasinya, wah ini cepet nanti akhirnya bisa berbalik,” kata dia.
Sebelumnya, Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta Andriansyah menyebutkan warga lebih suka mengadukan langsung masalah mereka ke Balai Kota daripada melalui aplikasi JAKI.
Alasannya, dengan mengadu langsung dan tatap muka, masalah atau pengaduan mereka lebih bisa didengar bahkan hingga pejabat tingkat provinsi.
"Warga beralasan bisa langsung berinteraksi, bisa berkomunikasi terkait dengan layanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah Pemprov DKI Jakarta," ucap Andriansyah seperti dikutip dari Antara, Jumat, 21 Oktober 2022.
Selain pengaduan langsung di posko Pendopo Balai Kota, masyarakat juga tetap bisa melayangkan aduan di kantor wali kota, kecamatan, kelurahan di seluruh Jakarta, atau lewat aplikasi Jakarta Kini JAKI yang sehari rata-rata masuk 100 laporan per hari.
Baca juga: Penanganan Laporan di Meja Pengaduan Balai Kota DKI Dijanjikan Selesai Dalam 3 Hari
Sentimen: negatif (64%)